Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Manfaatkan Teknologi, Pergunu Dalami Metode Pembelajaran berbasis Visual

Manfaatkan Teknologi, Pergunu Dalami Metode Pembelajaran berbasis Visual
Manfaatkan Teknologi, Pergunu Dalami Metode Pembelajaran berbasis Visual. (Foto: NU Online/Erik)
Manfaatkan Teknologi, Pergunu Dalami Metode Pembelajaran berbasis Visual. (Foto: NU Online/Erik)

Bekasi, NU Online
Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Bekasi bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan pelatihan teknik pembuatan slide presentasi berbasis animasi menggunakan microsoft power point.


Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pergunu, Aris Adi Leksono, dalam sambutannya mengatakan, kerja sama yang dilakukan Pergunu dengan kampus UBSI merupakan bukti pengabdian kepada masyarakat khususnya para guru untuk menjawab tantangan di era disruptif. Ia juga berharap dari kegiatan tersebut dapat mewujudkan guru cerdas dalam memanfaatkan teknologi guna membantu pembelajaran. 


“Kerja sama ini merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi yang hebat dari Pergunu dan LPPM UBSI dalam mewujudkan guru cerdas, terampil dan unggul di bidang teknologi informasi. Saya tegaskan, ini adalah program mulia dari UBSI bagi para guru dalam menjawab tantangan di era disruptif,” ungkap Aris saat memberikan sambutan melalui daring, Sabtu (20/11/2021).


Lebih lanjut, Aris menjelaskan bahwa salah satu tugas seorang guru maupun dosen adalah memberikan ruang untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara nyata. Pengabdian yang dimaksud dapat dilaksakan dalam berbagai jenis kegiatan, salah satunya kegiatan pelatihan untuk menjawab tantangan. 


Ketua LPPM UBSI Taufik Badawi dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini bentuk perhatian dan kepedulian UBSI terhadap masyarakat khususnya bagi para guru di lingkungan Pergunu Kota Bekasi. Ia juga berharap dari kegiatan tersebut para guru dapat mengambil ide untuk pembelajaran sehingga bisa menghasilkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

   
“Kami dari UBSI selalu terdepan dalam memprioritaskan SDM pendidik, agar mampu menampilkan pembelajaran yang aktif, atraktif, menarik dan menyenangkan. Dengan berbasis visual kepada peserta didik, LPPM UBSI berkomitmen untuk terus menjadi solusi bagi para pendidik di negeri ini," imbuhnya. 


Sopyan Dalis, koordinator sekaligus trainer dalam pelatihan ini memberikan apresiasi atas semangat untuk mendapatkan ilmu baru kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan dari awal sampai akhir. Menurutnya, dalam perjalan hidup butuh pengetahuan baru untuk bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi orang banyak. 


“Meskipun pelatihan ini dilakukan secara daring, saya sangat bangga menyaksikan semangat dan kesungguhan peserta dalam mengikuti pelatihan. Ini menjadi catatan untuk kembali hadir agar terus berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang,” ujar Sopyan.


Iman Firmansyah, salah satu peserta dalam pelatihan tersebut memberikan tanggapan atas acara ini, ia mengatakan, adanya pelatihan ini mendapatkan banyak materi tentang bagaimana membuat, mendesain dan menampilkan slide presentasi dengan power point yang menarik, eye cacthing, atraktif dan berbasis animasi. Semua materi yang telah disampaikan memberikan cara baru untuk menghindari kebosanan ketika pembalaran berlangsung.


“Mewakili seluruh peserta, kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pergunu dan LPPM UBSI yang telah memberikan pelatihan ini. Keterampilan baru buat kami dalam menunjang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Selain itu mindset kami menjadi terbuka, betapa sangat penting penguasaan teknologi informasi di era digital ini,” ujar Imam.


Kontributor: Erik Alga Lesmana
Editor: Syamsul Arifin 


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya