Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lembaga Kesehatan NU DIY Peringati Maulid dengan Baksos

Lembaga Kesehatan NU DIY Peringati Maulid dengan Baksos

Yogyakarta, NU Online
Setelah meluncurkan program “Masjid Sehat” di Masjid Kodama Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul, beberapa waktu lalu, di bulan maulid ini Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama PWNU DIY menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos).<>

Baksos dilaksanakan pada Selasa (14/1) dalam bentuk Pemeriksaan Gratis dan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Pondok Pesantren Al-Imdad Kauman Pandak Bantul. Tidak hanya itu, namun juga ada Kesehatan Reproduksi (kespro) khusus bagi santri putri sebagai modal tambahan bagi mereka dalam menjaga kebersihan lahir dan batin.

Kegiatan sosialisasi sendiri dipisah menjadi dua sesi yang bersamaan, dimana dr. Oga Indrajaya menjadi narasumber bagi santri putra, sementara dr. Emilia Arum Pratiwi mengampu materi Kespro bagi santri putri. Kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1435H ini diikuti oleh seluruh santri putra dan putri yang jumlahnya mencapai 230-an.

Menjawab pertanyaan tentang waktu kegiatan yang bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, drg. H. Abdul Kadir selaku Ketua LK PWNU DIY mengatakan, “Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita tentu ingin menjalankan ajaran beliau terkait dengan kesehatan. Jadi, dipilihnya waktu ini bukan semata kebetulan, tapi pesan tentang pentingnya kebersihan dalam ajaran beliau kita sampaikan kepada santri dalam semangat cinta pada beliau.”

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Imdad Pandak Bantul, KH Habib Abdus Syakur, M.Ag, menambahkan, “Al-Imdad adalah lembaga yang mengedepankan kesadaran akan lingkungan hidup. Hal ini kita perjuangkan melalui visi “SANTRI SALIH” yang merupakan singkatan dari Santun, Agamis, Nasionalis, Trampil, Ramah, Inovatif, dan Sadar Lingkungan Hidup.

“Dengan demikian, kehadiran tim LK PWNU DIY di hari maulid ini merupakan kesempatan luar biasa bagi santri dalam memahami sekaligus menyerap makna penting kebersihan dan kesehatan dalam ajaran Rasulullah SAW,” katanya

Kegiatan yang digawangi tim Lembaga Kesehatan PWNU DIY tersebut berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB. (Muhammad Yusuf Anas/Anam)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×