Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Korwil Ansor Jabar Sebut Kaderisasi Bagian dari Ibadah

Korwil Ansor Jabar Sebut Kaderisasi Bagian dari Ibadah
Pembukaan Diklatsar Banser yang digelar oleh PAC GP Ansor Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/3). (Foto: Usman)
Pembukaan Diklatsar Banser yang digelar oleh PAC GP Ansor Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/3). (Foto: Usman)

Bogor, NU Online

Kaderisasi dalam organisasi diyakini sebagai ibadah ghairu mahdah. Sehingga, warga pergerakan di Nahdlatul Ulama (NU) akan mendapat ganjaran atau pahala dari Allah jika menjalankan kaderisasi.


Hal itu disampaikan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) PW GP Ansor Jabar Havid Sutansyah. Ia mengingatkan, kaderisasi juga bagian dari peran umat Islam yang berilmu memiliki sebagai dai, mengajak dan mengarahkan umat Islam lainnya untuk bertaqwa.


"Kaderisasi ajang sosialisasi ajaran Islam Aswaja Annahdliyah juga dalam proses membentengi agama, negara sesuai dengan tuntunan ajaran kiai NU. Jadi ayo, beribadah dengan terus melakukan kaderisasi," kata Havid dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser yang digelar oleh PAC GP Ansor Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/3).


Havid berharap usai mengikuti Diklatsar para anggota dapat semakin memberikan manfaat. Tidak hanya bagi dirinya dan keluarga, melainkan juga untuk masyarakat sekitar. "Saya harap sahabat bisa bermanfaat di masyarakat. Sehingga, menjadi bagian sosial yang memberi  maslahat," tuturnya.


Pengkaderan ini, sambung dia, merupakan bagian dari strategi memperkuat NU di akar rumput. Dengan begitu, organisasi menjadi semakin kuat dan memberi manfaat lebih besar bagi masyarakat.


"Akarnya harus menembus bumi, dahannya menjulang ke langit; mengakar di masyarakat memberi manfaat, bercita-cita luhur setinggi tsuraya (bintang)," tegasnya.


Diklatsar tersebut berlangsung Jumat-Ahad, 19-21 Maret 2021 diikuti 60 peserta berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor.


"Lebih dulu kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Terkait kegiatan yang tetap kami lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat," terang Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor, Damiri Gozali.


Diklatsar Banser ini dibuka Jumat (19/3) pagi oleh Ketua PCNU Kota Bogor, KH Aim Zaemuddin beserta para pengurus Badan Otonomnya, perwakilan Pemkab Bogor, Perwakilan Polres.  


Damiri memberikan apresiasi kepada PAC Tanjungsari walau dalam masa pandemik masih memiliki semangat untuk melaksanakan kegiatan, terkhusus kepada panitia pelaksana. "Terima kasih kepada Sahabat-sahaat GP Ansor dan Banser atas pelaksanaan Diklatsar Banser. Semoga dapat melahirkan kader-kader yang andal," pungkasnya.

 

Kontributor: Usman Abdul Azis
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya