Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Konsolidasi Kader, Ansor Makassar Sulsel Tekankan Komitmen Berorganisasi

Konsolidasi Kader, Ansor Makassar Sulsel Tekankan Komitmen Berorganisasi
PC GP Ansor Kota Makassar, Sulsel, berpose di sela konsolidasi kader. (Foto: Dok. Ansor Makassar)
PC GP Ansor Kota Makassar, Sulsel, berpose di sela konsolidasi kader. (Foto: Dok. Ansor Makassar)

Makassar, NU Online
Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan konsolidasi kader sebagai komitmen kader dalam berorganisasi di bawah naungan Nahdatul Ulama (NU).


Ketua PC GP Ansor Kota Makassar Harun Rasyid mengatakan, konsolidasi kader ini sebagai bentuk penguatan organisasi melalui pembentukan Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor di tingkat kecamatan. Seperti yang tengah dilakukan di Kecamatan Tallo dan Rappocini.


"Konsolidasi kader ini guna mempererat silaturahim juga memperjelas komitmen ber-Ansor sahabat-sahabat kader yang ada di Kecamatan Rappocini," kata Harun Rasyid usai menggelar rapat persiapan PAC Kecamatan Rappocini bersama kader yang berdomisili di wilayah itu, Rabu (17/3) malam.


Dalam rapat yang dihadiri 14 orang ini, ditetapkan pula Saefuddin Muslimin sebagai Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Rappocini melalui musyawarah mufakat. Harun kemudian berpesan kepada Saefuddin untuk segera melakukan konsolidasi pembentukan struktur pengurus di PAC Kecamatan Rappocini.


"Saya tadi sampaikan ke ketua terpilih untuk segera konsolidasi kembali terkait struktur pengurus PAC Rappocini. Tentunya nanti akan berkoordinasi dengan ketua KK di PC GP Ansor Makassar," pintanya.


Ke depan setelah terbentuk pengurus, Harun berharap agenda-agenda di kecamatan khususnya Rappocini bisa bersinergi dengan pemerintah setempat. "Tentunya, PAC GP Ansor Rappocini harus bersinergi dengan stakeholders di kecamatan dan punya asas manfaat dengan masyarakat Rappocini," pesannya.


Wilayah kerja baru
Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Rappocini Saefuddin Muslimin menyampaikan bahwa Rappocini merupakan wilayah kerja baru GP Ansor.


"Artinya, belum ada PAC di sini sebelumnya. Jadi, ini adalah PAC yang baru dibentuk seperti yang diinformasikan tadi di musyawarah oleh Ketua PC Ansor Kota Makassar," ungkapnya saat dimintai keterangan usai rapat.


Langkah pertama Saefuddin yang akan dilakukannya ke depan adalah pembentukan struktur dan persiapan musyawarah kerja PAC Kecamatan Rappocini.


"Jadi, yang pertama kita lakukan adalah menyelesaikan semua perihal struktur dan administrasi. Kemudian, dalam waktu dekat kita akan mengadakan musyawarah kerja untuk menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan ke depan. Tentu saja yang berbasis Aswaja," tandasnya.


Pada Senin (15/3), GP Ansor Kota Makassar juga telah melakukan pembentukan PAC Kecamatan Tallo dengan menetapkan Mudassir Idrus sebagai ketua.


Di kesempatan itu, Harun mengingatkan bahwa GP Ansor Kota Makassar hanya bisa membuat surat rekomendasi dan menyerahkan kepada pengurus wilayah untuk kemudian dibuatkan surat keputusan (SK).


"Perlu diketahui bahwa kami hanya bisa membuatkan surat rekomendasi dan menyerahkan kepada pengurus wilayah untuk dibuatkan SK," bebernya.


Kontributor: Ridwan
Editor: Musthofa Asrori
 


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya