Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Jelang Konfercab NU, Banser Pamekasan Pertegas Khidmah NKRI dan Kiai

Jelang Konfercab NU, Banser Pamekasan Pertegas Khidmah NKRI dan Kiai
Suasana saat Apel Gelar Pasukan Banser di Pamekasab, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Anam)
Suasana saat Apel Gelar Pasukan Banser di Pamekasab, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Anam)

Pamekasan, NU Online
Ratusan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Pamekasan Jawa Timur memadati halaman kantor PCNU setempat, Jalan R Abd Aziz Nomor 95, Jungcangcang, Pamekasan, Jumat siang (5/3/). Mereka melakukan Apel Gelar Pasukan menjelang Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Pamekasan.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pamekasan, Syafiuddin menyatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mempertegas khidmah Banser terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan para kiai NU. Sebab, hal tersebut merupakan tugas utama Banser.


"Alhamdulillah para Banser pilihan dari 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan masih satu komando untuk khidmah pada kiai dan NKRI. Mereka siap menjadi garda terdepan mengawal NKRI dan membentengi keamanan para kiai," ujar Syafiuddin saat memberikan sambutan.


Wakil Ketua DPRD Pamekasan tersebut bertindak sebagai pembuka Apel Gelar Pasukan Banser. Sedangkan para ketua dan jajaran pengurus 13 Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor turut ikut apel.


Kepada segenap Banser dan pengurus GP Ansor se-Kabupaten Pamekasan, Syafiuddin berpesan agar turut serta menyukseskan pelaksanaan Konfercab PCNU Pamekasan pada Sabtu (6/3) di Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru, Palengaan, Pamekasan.


"Tentu tidak semua Banser dan kader GP Ansor hadir ke acara tersebut. Sebab, kita menekankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Bagi yang hadir karena mengemban amanah pengamanan, kami berharap selalu siaga dan persering baca shalawat," tegas Syafiuddin.

 

 

Sementara bagi yang tidak hadir karena tidak mengemban amanah pengamanan, Syafiuddin memohon keikhlasan para Banser dan kader Ansor untuk selalu mendoakan kelancaran Konfercab PCNU Pamekasan.


"Doa adalah kekuatan utama dalam berjuang di NU," ucapnya.


Usai apel, PC GP Ansor Pamekasan meneken MoU dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan. Sasarannya berkenaan dengan kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan Dinsos Pamekasan.


Kepala Dinsos Pamekasan Moh. Tarsun menyatakan, jalinan kerja sama dengan GP Ansor Pamekasan dirasa penting. Sebab, aksi sosial GP Ansor Pamekasan sejauh ini sangat massif hingga ke tingkat desa. Diterangkan, banyak program kerja GP Ansor yang senafas dengan program Dinsos Pamekasan.


Sejauh ini, GP Ansor Pamekasan memang menaruh perhatian tinggi terhadap lansia miskin tidak potensial, yakni berusia 60 tahun ke atas. Termasuk pada warga yang hidup sebatang kara atau tinggal dengan orang lain yang juga lansia. Perhatian tersebut berupa bantuan sembako dan sebagainya.


Pewarta: Hairul Anam
Editor: Aryudi A Razaq


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya