Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Istighotsah Awal Tahun, NU Pidie Aceh Berharap Pandemi Segera Teratasi

Istighotsah Awal Tahun, NU Pidie Aceh Berharap Pandemi Segera Teratasi
Jamaah istighotsah dan doa bersama menyambut tahun baru 2021 digelar di Masjid Mila, Kabupaten Pidie, Kamis, (31/12) usai shalat Isya berjamaah. (Foto: Istimewa)
Jamaah istighotsah dan doa bersama menyambut tahun baru 2021 digelar di Masjid Mila, Kabupaten Pidie, Kamis, (31/12) usai shalat Isya berjamaah. (Foto: Istimewa)

Pidie, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, menggelar Istighotsah dan doa bersama serta taushiah menyambut awal tahun 2021 yang dilaksanakan di Masjid Mila, Kabupaten Pidie, Kamis, (31/12) malam Jumat setelah shalat Isya berjamaah.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh PCNU Pidie tersebut dihadiri oleh masyarakat setempat dan Warga NU, Santri dan Pimpinan Dayah. Ketua PCNU Pidie Tgk Isafuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar mendoakan demi kebaikan negeri ini ke depan yang lebih baik.


"Alhamdulillah, berkat bantuan dan kerja sama semua pihak akhirnya acara doa, zikir, dan taushiah terlaksana dengan baik serta seusai agenda," kata pria yang juga Kepala KUA Kecamatan Mila ini, Jum'at, (1/1/2021).


Alumnus Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen itu berharap semoga tahun depan bisa lebih baik dari tahun kemarin dan pandemi Covid-19 segera teratasi. Bersama merajut harmoni melaksanakan tatanan normal baru di masa pandemi.


"Acara ini tetap kita usahakan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," sambungnya.


Doa dan dzikir dipimpin oleh Wakil Syuriyah PCNU Pidie, Tgk Hanifuddin, yang juga seorang munafis tarekat Naqsyabandiyah al-Waliyah Aceh. Terlihat para jamaah sangat syahdu dan larut dalam doa dan zikir tersebut.


Sementara itu, taushiyah disampaikan salah seorang ulama setempat yang juga Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Pidie Tgk Abdul Manaf. Ia dalam taushiyah mengajak masyarakat untuk terus melakukan introspeksi dan perubahan dalam kehidupan ke arah yang lebih baik.


"Kita hidup di dunia hanya sementara dan berharap umur yang telah diberikan kepada kita untuk dapat terus dipergunakan dalam hal positif. Tinggalkan perbuatan yang menjurus kepada permusuhan, dosa, dan kemaksiatan," lanjutnya.


Tgk Abdul Manaf mengatakan, malam Tahun Baru 2021 hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai pergantian kalender saja. Namun, harus bisa menjadi momentum untuk instrospeksi evaluasi agar menjadi lebih baik di tahun selanjutnya.


“Malam ini harus kita jadikan momen mengevaluasi dan introspeksi program-program yang bersifat pribadi dan keluarga serta umum. Kalau yang sudah baik, harapannya di tahun depan lebih baik. Jika belum baik, harus ada kerja keras menjadikan baik tentunya,” pungkas Tgk Manaf.


Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×