Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Hana Putri Aisya, Santri dari Tulungagung Pemenang Sayembara Literasi Tebuireng

Hana Putri Aisya, Santri dari Tulungagung Pemenang Sayembara Literasi Tebuireng
Hana Putri Aisya. (Foto: dok. pribadi)
Hana Putri Aisya. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, NU Online

Hana Putri Aisya, alumnus Pondok Pesantren Modern Raden Paku, Trenggalek, Jawa Timur berhasil meraih juara pertama dalam Sayembara Menulis Esai yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Tebuireng.


Hana yang lahir di Tulungagung, 26 Oktober 2002 ini terpilih sebagai sebagai juara pertama setelah melalui penjurian dan diumumkan pada Ahad (10/10/2021) lalu bersamaan dengan Webinar Kepenulisan dan Bedah Buku. Ia menyisihkan 174 peserta lainnya dengan total 312 naskah yang mengikuti sayembara dalam rangka Gebyar Literasi Tebuireng 2021.


“Perasaan saya campur aduk. Jujur, saya kaget ketika mengetahui mendapat juara satu. Saya merasa tidak percaya. Padahal ini adalah lomba esai pertama yang saya ikuti,” aku Hana kepada NU Online, pada Rabu (20/20/2021).


Gadis yang sedang menjalani pelatihan untuk seleksi beasiswa Tumir Tengah di Ikatan Keluarga Besar Alumni Nahdlatul Ulama (IKANU) Mesir Training Center Jogja itu mengaku memiliki sederet pengalaman kejuaraan lomba yang pernah ia ikuti.


Seperti juara harapan dua pidato bahasa Inggris proseni MTs tingkat kabupaten Trenggalek tahun 2016, juara dua Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) Nurul Yaqin dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tingkat kabupaten Trenggalek tahun 2017, juara tiga MQK Nurul Yaqin dalam rangka memperingati HSN tingkat kabupaten Trenggalek tahun 2018.


Juara satu MQK Ta'limul Muta'alim dalam rangka memperingati HSN tingkat kabupaten Trenggalek tahun 2019, dan juara tiga Musabaqoh Fahmil Qur'an (MFQ) porseni MA tingkat kabupaten tahun 2019.


Hana juga mengaku memiliki beberapa pengalaman organisasi, seperti Ketua Sekbid Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (OSIS MA Plus Raden Paku Trenggalek Periode 2019/2020), Ketua Bidang Bahasa (OPPPM [Organisasi Pengurus Pondok Pesantren Modern] Raden Paku Periode 2019/2020), Anggota Bidang Keamanan (OPPPM Raden Paku Periode 2019/2020) dan lain-lain.


Selain Hana, penyelenggara sayembara itu juga memberi apresiasi kepada 33 pesarta esai terbaik untuk dibukukan dan masing-masing memperoleh satu eksemplar. 


“Untuk ke depannya, saya berharap bisa lolos seleksi ke Al-Azhar. Saya berharap bisa meraih cita-cita untuk menuntut ilmu di lima benua, dan Saya ingin nantinya menuangkan kisah hidup saya dalam sebuah novel,” kata Hana.


Pewarta: Muhamad Abror

Editor: Fathoni Ahmad


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya