Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Gemuknya Dua Ekor Sapi Sumbangan Prof Mukri untuk Muktamar

Gemuknya Dua Ekor Sapi Sumbangan Prof Mukri untuk Muktamar
Sapi sumbangan Prof Mukri untuk Muktamar. (Foto: Istimewa)
Sapi sumbangan Prof Mukri untuk Muktamar. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online
Untuk menyukseskan perhelatan akbar Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama yang akan digelar di Provinsi Lampung, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung Prof Mohammad Mukri menyumbangkan dua ekor sapinya. Sapi-sapi ini, kata dia, berasal dari sapi yang ia ternak sendiri.


Insyaallah gemuk-gemuk. 700 sampai dengan 750 kilogram per ekor,” kata Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan ini kepada NU Online, Senin (6/12/2021).


Dua sapi berwarna coklat dan hitam ini, kata Prof Mukri, diserahkan ke Pesantren Darussa'adah Lampung Tengah untuk diolah dan dihidangkan bagi para tamu muktamar. Diharapkan dengan sumbangan dua ekor sapi ini, konsumsi di Pesantren Darussa'adah yang nantinya akan menjadi salah satu tempat muktamar bisa terpenuhi.


Sumbangan pribadi ini lanjut Prof Mukri, merupakan wujud syukur dan komitmen agar pelaksanaan forum permusyawaratan tertinggi NU tersebut bisa berjalan dengan lancar. Menurut dia, pengurus dan warga NU Lampung harus bersuka cita karena akan menjadi bagian dari sejarah sebagai tuan rumah muktamar di penghujung satu abad umur Nahdlatul Ulama.


Selain menyumbang dua ekor sapi, secara pribadi, ia juga menyumbang bahan konsumsi muktamar lainnya yakni 2 ton beras, 1 ton gula, ditambah kopi dan teh. “Saya kirimkan beras terbaik untuk dimasak dan dihidangkan bagi para kiai dan muktamirin. Semoga membawa keberkahan,” imbuhnya.


Selain dari perorangan, semangat untuk menyukseskan muktamar di Lampung dengan ikut menyumbang juga dilakukan oleh lembaga dan badan otonom NU. Seperti dari ibu-ibu Muslimat NU mulai ranting hingga wilayah antusias menyumbang baik dalam bentuk barang maupun uang guna kesuksesan muktamar. Seperti dilakukan ibu-ibu Muslimat NU di Kabupaten Pringsewu.


Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Pringsewu berhasil melakukan penggalangan beras dan uang untuk kebutuhan muktamar sebanyak 6,3 ton lebih dan uang 8,3 juta lebih. Ketua PC Muslimat NU Pringsewu, Hj Ani Fitriani, mengatakan bahwa penggalangan ini akan terus dilakukan dan jumlah beras dan uang donasi akan terus bertambah.


Sementara jajaran PC Muslimat NU Lampung Tengah sebagai tuan rumah sendiri telah menyerahkan bantuan senilai Rp 90 juta kepada panitia lokal Muktamar Ke-34 NU. Ketua PC Muslimat NU Lampung Tengah, Hj Nurhayati, mengatakan, dana tersebut merupakan hasil dari partisipasi warga dan pengurus Muslimat NU yang tersebar di 28 Kecamatan.


"Mudah-mudahan dana ini bermanfaat untuk membantu sebagian dari persiapan muktamar yang akan datang," harap Hj Nurhayati.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori



Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya