Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Gelar Pekan Pelajar dan Santri Cara Pelajar NU Brebes Rayakan HUT RI

Gelar Pekan Pelajar dan Santri Cara Pelajar NU Brebes Rayakan HUT RI
Kegiatan pembukaan pekan pelajar dan santri PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan, Brebes, Jateng (Foto: NU Online/Wasdiun)
Kegiatan pembukaan pekan pelajar dan santri PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan, Brebes, Jateng (Foto: NU Online/Wasdiun)

 Brebes, NU Online
Dalam dua pekan ini, Pelajar NU di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menggelar Pekan Pelajar dan Santri (Pepesan) dalam rangka memeriahkan HUT ke-75  Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam  1442 Hijriah. Di dalam Pepesan tersebut berisi menu yang menyehatkan dan olahan seni Islami dalam bentuk kompetisi.

 

Ketua Panitia Pepesan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ketanggungan Syubanul Yaun kepada NU Online, di Ketanggungan, Rabu (26/8) mengatakan, acara Pepesan merupakan ajang kompetisi olahraga dan seni bernafaskan Islami.

 

"Kami menggelar Pepesan sejak 9-30 Agustus diikuti semua ranting dan komisariat IPNU-IPPNU se-PAC Ketanggungan," terang Syuban di sela kegiatan.

 

Dikatakan, perhelatan Pepesan bakal ditutup dengan pengajian sekaligus pemberian hadiah bagi pemenang pada 30 Agustus mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

 

"Lomba yang digelar antara lain lomba sambung Ayat Al-Qur'an, Qiro'atil Kutub atau Ngaji Kitab Kuning, Bola Voli, Futsal, Fashion Show, Rias Wajah, dan Gerak Jalan," bebernya.

 

"Untuk menjaga kerumunan dan jaga jarak, pelaksanaan lomba memakai jeda yang panjang. Juga untuk menyesuaikan waktu belajar bagi pelajar dan waktu ngaji bagi santri," sambung Syuban.

 

 

Ketua PAC IPNU Ketanggungan Lukman Aji menandaskan, acara pepesan diadakan untuk menjalin kembali silaturahim sesama anggota, menggenjot potensi kader diberbagai ranting untuk lebih giat berorganisasi, dan pencarian bibit unggul.

 

"Jadi kegiatan pelajar dan santri NU itu bukan sekadar pepesan kosong, tapi benar benar berisi dan berkualitas untuk mendapatkan bibit-bibit unggul di bidang seni dan olahraga," tandas Arif.

 

Pembina PAC IPNU Ketanggungan Ahmad Fauzan El Azizi menambahkan, pepesan di era adaptasi kehidupan baru dapat menghasilkan bibit-bibit unggul dalam bidang olahraga dan seni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker. 

 

"Mudah-mudahan Pepesan mampu menguatkan jalinan silaturahim juga bisa meningkatkan ghirah kader untuk berkompetisi ke arah yang positif dan ke arah jalan lurus yang lebih baik," pungkas Fauzan.

 

Salah seorang peserta dari Ranting IPNU Kubangsari Khaerul Anwar mengatakan, dirinya senang bisa berpartisipasi dalam ajang Pepesan. Meskipun dirinya tidak bisa meraih juara, namun bisa banyak mengenal teman dari berbagai desa se-Kecamatan Ketanggungan.

 

Pengajian sekaligus pembagian hadiah akan digelar di Mushala Miftahussa'adah Karangmalang, Ketanggungan, Brebes dengan pembicara Kiai Agus Hadi yang juga  Pengasuh Pesantren Al-Hikmah Baros. 

 

Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya