Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Empat Tujuan Peringatan Maulid Nabi

Empat Tujuan Peringatan Maulid Nabi

Subang, NU Online
Pengasuh Pesantren Al-Huda Pungangan, Kiai Adang Kosasih menjelaskan pentingnya peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw pada Muludan yang digelar pelajar MTs dan MA Al-Huda, Dusun Pungangan, Rancabango, Patokbeusi, Subang, Jawa Barat. Sabtu (2/1).
<>
Rais Syuriah MWCNU Patokbeusi, Subang ini, peringatan lahirnya Nabi Muhammad Saw memiliki 4 tujuan penting. "Pertama lisyukri, yaitu sebagai bentuk tasyakur kita kepada Allah Swt. atas dilahirkannya Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam,"

Kedua, Lanjut Kiai Adang, lil imdah, yaitu memuji kepada Nabi Muhammad Saw. Karena, alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada Nur muhammad, sebagaimana tercantum dalam Hadits Qudsi, laulaka laulaka maa khalaqtu aflak.

Kiai Adang menambahkan, tujuan ketiga dari diadakannya muludan adalah thalabul ilmi, yaitu mencari ilmu untuk mempertebal keimanan dan aqidah kita terhadap ajaran tauhid Allah, serta pemahaman terhadap hukum-hukum yang ada dalam agama islam.

"Tujuan terakhir adalah lil uswah, karena sudah jelas di dalam Al-Quran bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi kita semua, laqad jaa a kum rasulum min anfusikum uswatun hasanah" paparnya

Dalam kegiatan yang digelar di Masjid Jami' Al-Huda itu, selain dihadiri oleh para pelajar juga dihadiri oleh para pengasuh pesantren se-dusun Pungangan dan masyarakat sekitar. (Aiz Luthfi/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×