Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Cerita Nahdliyin Papua Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Keerom

Cerita Nahdliyin Papua Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Keerom
Persiapan penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Keerom, Papua. (Foto: Joko Prayitno)
Persiapan penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Keerom, Papua. (Foto: Joko Prayitno)

Keerom, NU Online
Hujan deras yang terjadi terus-menerus di awal bulan Februari 2021 di Papua menyebabkan meluapnya beberapa sungai di Distrik Muara Tami dan Kabupaten Keerom. Akibatnya banjir pun merendam rumah warga dan lahan pertanian mereka di beberapa kampung.

 

Kabar bencana banjir tersebut segera direspons oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Papua. Ketua PWNU Papua, H Toni Wanggai memerintahkan jajarannya untuk membantu para korban banjir di Kabupaten Keerom tersebut.


Bersinergi dengan berbagai pihak, berhasil terhimpun dana selama dua hari sebesar Rp71.500.000 hingga pukul 21.45 WIT, Sabtu, 13 Februari 2021. Dana tersebut dibelanjakan bahan makanan seperti beras, minyak goreng, telur, mie instan dan lain-lain yang dikemas dalam 400 paket sembako.


Tepat pada hari Ahad, tanggal 14 Februari 2021, rombongan PWNU Papua bergerak dari kediaman Gus Adib Fuad yang dijadikan posko menghimpun bantuan di wilayah Kotaraja, Kota Jayapura. Rombongan selanjutnya menuju ke lokasi warga terdampak banjir di Kabupaten Keerom yang berjarak 84,4 kilometer dengan menggunakan armada mobil dan truk.


H Toni Wanggai menyampaikan rasa prihatin atas bencana banjir yang menimpa warga beberapa hari lalu. Lebih disampaikan bahwa kedatangan NU Papua ini sebagai tanda tali kasih sayang kepada warga di Keerom yang terdampak banjir.

 

Pada Kesempatan itu H Toni dan rombongan juga mendengar keluhan dan harapan warga tentang apa saja yang mereka butuhkan setelah kejadian bencana banjir. Pihaknya berjanji akan menyampaikannya kepada kepala daerah (Bupati dan Wakil Bupati Keerom) agar segera merespons dengan membantu keluhan warga tersebut.

 

Rombongan Bakti Sosial NU Papua mendistribusikan paket bantuan ke beberapa titik korban banjir di Kabupaten Keerom antara lain 60 paket bantuan di Arso I, 105 paket bantuan di Arso VII, 35 paket bantuan di Arso XIV, 80 paket bantuan di PIR 1, dan 120 lainnya di Baburia. Selain Sembako diberikan juga bantuan alat sholat (mukena).


Gus Adib Fuad selaku Korlap Baksos NU Papua juga menjelaskan bahwa aksi sosial NU Papua ini sebagai wujud dari kepedulian kami kepada warga terdampak banjir Keerom. "Aksi kami tidak berhenti pada hari ini saja melainkan akan kami distribusikan juga ke titik korban banjir yang belum mendapatkan bantuan ada hari ini, misalnya di daerah Towe dan tentunya tetap bersinergi dengan PCNU Kabupaten Keerom dan jajarannya serta masyarakat sekitar," ungkapnya.


PCNU Kapubaten Keerom yang diwakili oleh Sekteraris Ustadz Sutris menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diberikan. "Semoga hal ini menjadi tali perekat kerukunan dan persaudaraan di antara kita dalam hidup berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat," harapnya.


Kontributor: Joko Prayitno
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya