Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Ansor-Banser Surabaya Galang Dana Bantu Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

Ansor-Banser Surabaya Galang Dana Bantu Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel
Salah satu anggota Banser di Surabaya menggalang dana. (Foto: NU Online/Hisyam Malik)
Salah satu anggota Banser di Surabaya menggalang dana. (Foto: NU Online/Hisyam Malik)
Surabaya, NU Online
Pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur bersama sejumlah pemuda setempat menggalang dana untuk para korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir Kalimantan Selatan (Kalsel).
 
Ketua GP Ansor Kecamatan Semampir Ahmad Hamiduddin mengatakan, aksi sosial itu dilakukan di jalan raya. Dengan membawa kotak, pengurus Ansor memanfaatkan pengendara kendaraan yang melintasi di jalan raya itu.
 
“Sebagaimana yang kita ketahui bencana alam melanda sejumlah wilayah yang ada di Indonesia seperti banjir yang menggenangi sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang serta gempa bumi di Sulawesi Barat, mari kita bantu sesuai dengan kemampuan yang ada,” ajaknya kepada para masyarakat Ahad (17/1).
 
Ia menambahkan, penggalangan dana akan dilaksanakan sampai dua pekan ke depan. Dan bila donasi sudah terkumpul semua, maka akan diserahkan langsung ke posko Nahdlatul Ulama (NU) Care-LAZISNU Jawa Timur.
 
“Bantuan bisa berupa kebutuhan material dan non-material seperti pakaian, peralatan, perlengkapan sehari-hari dan lain sebagainya yang bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musiban bencana alam,” katanya.
 
Gus Midud sapaan akrabnya menjelaskan, penggalangan dana tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang tertimpa musibah bencana alam.
 
“Semoga uluran tangan dari bapak-ibu sekalian dapat menjadi semangat hidup bagi saudara-saudara kita dan semoga sedekahnya dicatat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah serta diganti berlipat ganda dengan cara dibukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Amiin,” harapnya.
 
Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk turut serta berpartisipasi menyisihkan sebagian rezekinya membantu para korban bencana alam. Sebagai makhluk sosial, kata dia, sudah seharusnya empati dengan cara meringankan beban mereka.
 
Hadir juga dalam aksi kemanusiaan ini pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Semampir. “Memang kami sengaja datang bersama jajaran pengurus MWCNU baik dari tanfidziyah maupun syuriyah agar mengetahui secara langsung bagaimana kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh Ansor Banser Semampir,” ujar Ketua MWCNU setempat, Suhartono Rifa’i.
 
Langkah yang dilakukan sahabat Ansor-Banser menurutnya sudah sangat tepat. “Kami dukung kegiatan ini yang katanya akan dilaksanakan dua minggu ke depan, semoga diberikan kekuatan dan kemampuan untuk mengawal agenda penggalangan ini,” pungkasnya.
 
Kontributor: Hisyam Malik 
Editor: Syamsul Arifin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya