Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

2 Ton Beras Disalurkan Pergunu Jateng untuk Guru Terdampak Covid-19

2 Ton Beras Disalurkan Pergunu Jateng untuk Guru Terdampak Covid-19
Penyerahan secara simbolis bantuan beras Pergunu kepada para guru dan ustad-ustadzah, Sabtu (2/5). (Foto: Istimewa)
Penyerahan secara simbolis bantuan beras Pergunu kepada para guru dan ustad-ustadzah, Sabtu (2/5). (Foto: Istimewa)
Semarang, NU Online
Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Tengah menyalurkan bantuan beras untuk warga terdampak Covid-19. Secara simbolis, penyaluran ini dilakukan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5), oleh Ketua PW Pergunu Jawa Tengah, HM Faojin di kediamannya yang didampingi Ketua Bidang Kesejahteraan dan Kewirausahaan, A Fadhol. Penyerahan simbolis diterima secara langsung oleh Ketua PC Pergunu Kota Semarang, A Mustafidin dan PC Pergunu Kabupaten Demak, Aliwan.
 
Diungkapkan oleh HM Faojin bahwa penyaluran secara simbolis sekaligus mengambil momentum Hardiknas 2020 yang bertema Belajar dari Covid-19. "Yakni belajar peduli terhadap sesama profesi dalam sebuah organisasi profesi Pergunu," katanya. 
 
Peduli terhadap nasib sesama guru dan ustadz-ustadzah yang terkena dampak Covid-19 menurutnya dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, di antaranya meringankan beban dalam bentuk dana, sembako, APD maupun pikiran, tenaga serta berpartisipasi secara langsung untuk mendisiplinkan masyarakat dalam pencegahan Covid-19.
 
"Pencegahan Covid-19 tidak bisa dilakukan sendirian, namun secara kolaborasi dan sinergis semua unsur masyarakat bangsa," tegasnya.
Ia mengatakan sumber bantuan berasal dari para pengurus Pergunu, Dewan Pakar, Dewan Penasihat dan anggota serta simpatisan Pergunu Jawa Tengah. Kemudian, pihak Kemenag dan Dispora Jateng, anggota DPR; lingkungan perguruan tinggi seperti Rektor Udinus, Dekan di Undip, Dekan di Unnes, Dekan di UIN Walisongo beserta para dosen, dosen Pascasarjana di Unwahas.
 
"Selain itu juga Kopertais, Ketua YPM Jateng, para Ketua PC Pergunu, para pengawas  sekolah baik di Dinas maupun Kemenag, widyaiswara, peneliti, kepala sekolah, kepala madrasah, dan para guru serta hamba Allah yang tidak mau disebut namanya," lanjut Faujin.
 
"Subhanallah luar biasa tingkat kepedulian para pejuang Pergunu Jawa Tengah, penggalangan dana yang dimulai tanggal 18 April-1 Mei 2020 telah terkumpul dana sebanyak Rp21.879.999," katanya.
 
Sekretaris Umum PW Pergunu, Ahsanul Husna, menambahkan dana tersebut jika diwujudkan dalam pembelian beras dengan taksiran harga Rp10 ribu per kilogram gram bisa ditotal dua ton lebih.
 
Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini teknis penyaluran banyak dilakukan secara transfer dalam bentuk dana. Kemudian, para Pimpinan Cabang maupun Pimpinan Wilayah membelikan sendiri sembako dengan masing-masing penerima Rp100.000.
 
"Syarat penerima adalah para anggota Pergunu terdampak Covid-19  yang memiliki KTA Pergunu atau minimal  telah mengisi sensus nasional Pergunu," tambahnya.
 
Selain bantuan beras, bantuan Pergunu Jateng juga berupa 500 masker. Teknis penyaluran masker dikirim ke alamat PW dan PC Pergunu atau alamat rumah pengurus yang siap menyalurkannya. 
 
Penasihat PW Pergunu Jateng, H Ruswan berharap, mereka yang menyalurkan harus memakai pakaian identitas Pergunu dan jangan lupa supaya mengambil dokumentasi dan mengirimkan kepada PW Pergunu sebagai bentuk laporan dan pertanggungjawaban publik.
 
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya