Oleh Ade Ubaidil
Pak Ruslan sudah tiba di depan sekolah. Bel pulang berbunyi. Pandangannya tertuju pada ruang kelas 3, di sanalah anak semata wayangnya belajar. Anak-anak berebut keluar kelas. Satu di antaranya terselip bocah gempal berlarian. Ia langsung menuju gerbang sekolah. Senyumnya rekah.
āHalo Ayah!ā
āHai, Budi. Ayo lekas naik motor. Kita pulang,ā sahut Ayahnya. Mereka pun gegas menuju rumah.
Ketika sampai rumah, Ibunya bertanya, āBagaimana sekolahmu? Ada PR, enggak?ā
Budi menjawab dengan wajah yang lesu dan tampak capek. āAda, Bu. Tentang Pancasila.Ā
Budi hafal, tapi Budi enggak ngerti.ā
āMemangnya apa tugasnya?ā tanya Ayah nimbrung.
āBu Guru minta kita menjelaskan maksud dan nilai-nilai dari setiap bulir Pancasila.ā
Mendengar itu ayahnya tersenyum, lalu berkata, āOh, gampang, nanti ikut Ayah ngeriung habis ashar.ā Budi tidak mengerti maksud ayahnya, apa hubungan dari nilai Pancasila dengan ngeriung, tapi toh ia akhirnya nurut juga.
Saat ikut hadir pada riungan dan mendapatkan posisi duduk, Ayahnya mulai menjelaskan.Ā āApa sila pertama, Budi?ā dengan mantap Budi menjawab, āKetuhanan yang Maha Esa.ā
Lalu Ayahnya menjelaskan. Dalam riungan, kita memuja dan memuji Tuhan yang Maha Esa, itu berarti kita telah mengamalkan sila pertama. Ayahnya bertanya lagi, āSila kedua apa?ā
Budi yakin menjawab, āKemanusiaan yang adil dan beradab.ā Ayahnya bangga memiliki putra secerdas Budi.
āCoba kamu perhatikan dari setiap orang yang hadir dalam riungan ini. Secara berpakaian, posisi duduk, bahkan tempat duduknya sama rata sama rasa. Itulah nilai yang ada dalam sila kedua,ā Ayahnya menjelaskan. Budi memandang sekelilingnya, ia mulai paham dan mengangguk-angguk.
āSekarang, apa sila ketiga?ā
Budi tampak berpikir sejenak. āPersatuan Indonesia.ā Ayahnya menunjuk ke bagian barat. āLihat, kamu tahu Pak Poltak orang mana?ā
āDari Medan, Yah.ā
āBetul. Nah, lalu di sebelahnya ada Pak Sarwono dari Jawa. Di depannya ada Pak Beta dari Papua dan lain-lain. Kamu tahu maksud Ayah apa?ā Budi menggeleng tak paham.
āMereka itu, meskipun berbeda-beda, tetapi, dalam riungan ini mereka bersatu. Duduk bersama dan membaca puja-pujian yang serempak. Itulah nilai dari sila ke....ā
āKetiga, Yah!ā Budi memotong. Ayahnya menepuk bahunya bangga.
āBetul sekali. Sekarang apa sila keempat?ā
āBudi lupa-lupa ingat, Yah. Kepanjangan....ā Budi menundukkan kepalanya.
āAyo bareng-bareng,ā Ayahnya mulai mengucapkan perlahan, karena riungan masih berlangsung, āKerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.ā Budi mulai teringat kembali.
āKamu lihat siapa yang memimpin riungan ini? Tuh, yang ada di tengah.ā
āYang mimpin Pak Kiai Rosyid. Guru ngaji Budi, Yah.ā
āBenar. Pak Kiai Rosyid-lah yang memandu puja-pujian, yasinan dan tahlilan. Ayah dan Budi kali ini sebagai rakyatnya. Dan dari sinilah sebagai pemimpin dan rakyat harus saling bijaksana dan menghargai. Penunjukkan pemimpin doa pun lewat musyawarat dulu kan? Lalu Pak Kiai mewakili kita semua. Inilah makna sila keempat,ā kali ini ayahnya menjelaskan cukup panjang.
Acara riungan pun sudah sampai pada akhir. Pak Kiai Rosyid sekarang sedang memimpin doa. Ketika doa selesai, pemilik rumah mulai membagi-bagikan berekat atau besek kepada semua yang hadir termasuk Budi dan Ayahnya.
āHayuk sekarang kita pulang,ā mereka berdiri. Tetapi Budi masih memasang wajah bingung.
āTunggu dulu, Yah. Kan pancasila ada lima. Sila kelima-nya apa?ā
āHmm..., apa bunyinya?ā
āKeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,ā jawab Budi mantap sambil berjalan pulang.
āNah, ini.ā Ayahnya menunjukkan besek atauĀ berekat yang ada digenggamannya. āInilah nilai dari sila kelima. Semua dibagi rata dan mendapatkan berekat setelah usai riungan.ā
Mendengar jawaban itu, Budi mulai lega. Ia kini paham makna dan nilai pada butir-butir Pancasila. Tetapi, saat akan belok ke gang, ia melihat Pak Kiai Rosyid membawa dua berekat. Sedangkan ia dan bapaknya masing-masing satu. Ia protes.
āAyah, katanya keadilan sosial, tapi kok Pak Kiai dapatnya dua?ā
āNak, kamu nanti akan tahu, adil itu tidak mesti sama. Lihat pohon mangga di rumah itu, kira-kira ayah butuh tangga enggak untuk mengambilnya?ā
āHmm..., enggak, Yah. Ayah kan tinggi. Kalau Budi baru perlu tangga.ā
āNah, itulah. Kalau misal tangga itu buat Ayah, apakah adil?ā
Budi menggeleng sesaat, lalu ia tersenyum.
āBudi laper, enggak?ā
āLaper banget, Ayah.ā
āAyo kita balapan sampai rumah. Kita makan berekat ini bareng Ibu,ā ajak ayahnya. Budi tidak mau kalah. Ia memulai lari lebih dulu. Ayahnya mengikuti dari belakang.
Serang, 20 Maret 2018
Penulis berasal Cilegon, Banten. Kelahiran Cibeber, 02 April 1993. Terpilih sebagai salah satu penulis Emerging Ubud Writers and Readers Festival 2017. Buku terbarunya berjudul, āSurat yang Berbicara tentang Masa Laluā (Basabasi, 2017). Arsip tulisannya bisa dilihat di: www.quadraterz.com, Instagram: @adeubaidil