Warta

Rektor Universitas Leeds Temui Para Peserta

Jumat, 2 Maret 2007 | 17:40 WIB

Leeds, NU Online
Rektor Universitas Leeds Prof. Michael Arthur, Rabu (28/2) menemui para peserta yang mewakili sejumlah pondok pesantren di Indonesia yang sedang mengikuti pelatihan manajemen pendidikan di Universitas Leeds.

Pertemuan yang bertempat di E.C. Stoner Building itu diwarnai dengan diskusi yang sangat dialogis antara rektor dan para peserta.

<>

Arthur mengungkapkan, selama kunjungannya ke Indonesia pada Desember tahun lalu, pihaknya juga menyempatkan untuk datang ke kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

“Saya sangat terkesan sekali. Sungguh ini merupakan pengalaman yang luar biasa bisa berkunjung ke (kantor) PBNU,” demikian ungkap Arthur yang dikenal sangat piawai dalam diplomasi.

Arthur berharap para duta NU yang sedang mengikuti pelatihan di Universitas Leeds dapat mentransformasikan pengalaman dan ilmu yang didapat selepas kembali dari Leeds.

“Saya merasa senang karena ada program (kerjasama) antara Universitas Leeds dengan NU sebagai sebuah ormas keagamaan. Saya berharap semoga program ini memberikan dampak yang berarti (bagi para peserta) saat kembali ke Indonesia,” ungkap Arthur.

Arthur menjelskan bahwa “hubungan antara pemerintah Inggris dan Indonesia sangat penting.” Karena itu, universitas yang dipimpinnya setidaknya bisa memainkan peranan dalam kerjasama yang terjalin antara kedua belah pihak.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Lebih jauh Arthur mengungkapkan, dengan program beasiswa yang ditawarkan secara khusus oleh Universitas Leeds kepada kader muda NU, hal ini menunjukkan betapa pentingnya kerjasama terutama di bidang pendidikan yang terjalin “antara pihak universitas Leeds dengan NU.”

“Namun sayang hingga kini belum ada yang dicalonkan,” katanya sambil menambahkan bahwa Universitas Leeds juga banyak memberikan beasiswa terutama kepada para dosen di Nangroe Aceh Darussalam.

Sementara itu kordinator progarm pelatihan Prof Hywell Coleman mengatakan, setelah tahu banyak informasi tentang NU selama kunjungannya ke kantor PBNU, rektor Universitas Leeds tersebut sangat berharap bisa bertemu dengan para peserta.

“Ini adalah untuk pertama kalinya rektor Universitas Leeds berkeinginan untuk menemui para peserta dari NU,” terang Hywell. (dar)


Terkait