Nasional

Kemnaker: Sisnaker Hadir dengan Pelayanan Prima

Jumat, 27 September 2019 | 14:20 WIB

Kemnaker: Sisnaker Hadir dengan Pelayanan Prima

Menaker M Hanif Dhakiri (Foto: Kemnaker)

Jakarta, NU Online
Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan kehadiran Sitem Tenaga Kerja (Sisnaker) sangat penting agar masyarakat bisa mendapat pelayanan yang baik, prima, dan real time untuk bisa mengakses seluruh pelayanan Kemnaker.
 
"Semua ini dilakukan secara terintegrasi dengan kementerian atau lembaga terkait. Saya minta seluruh jajaran di Kemnaker untuk segera menyelesaikan proses integrasinya. Jangan sampai ada platform yang beda-beda. Ke depan harus dipastikan terus berjalan, kita mulai dengan pelayanan tunggal,” katanya, di Jakarta, Jumat (27/9).
 
Sementara itu, Sekjen Kemnaker, Khairul Anwar menambahkan, dengan Sisnaker tata kelola ketenagakerjaan akan semakin transparan dan terpercaya karena menggunakan data yang sama sebagai one single source of truth.
 
Komunikasi serta koordinasi internal dan eksternal juga akan semakin baik dengan adanya Sisnaker.  "Digitalisasi yang direspons dengan cerdas ini  membuat kita mampu meningkatkan kinerja organisasi dengan cara lebih produktif serta hemat biaya dan waktu," ujarnya.  
 
Sisnaker juga telah diintegrasikan dengan kementerian atau lembaga terkait, di antaranya  BPJS Ketenagakerjaan, Ditjen Dukcapil, Kemendagri untuk akses data Kependudukan, Online Single Submission (OSS) dari BKPM, Ditjen Imigrasi, Kemenkumham, dan Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu.
 
Sekjen Khairul berharap, seluruh stakeholders dapat memanfaatkan layanan Sisnaker ini. Pasalnya, Sisnaker sudah berorientasi pada tersedianya kebutuhan data ketenagakerjaan secara nasional yang akan menjadi rujukan bagi seluruh stakeholders.
 
"Untuk itu diperlukan peran serta atau partisipasi stakeholders (masyarakat, lembaga pelatihan, perusahaan, dinas ketenagakerjaan dan sebagainya) untuk mendukung berjalannya Sisnaker ini,” katanya.
 
Editor: Kendi Setiawan