Jombang

Juara Lomba Edugame Aswaja di Kompetisi Inovasi Ma'arif, Bawa Dakwah Wali Songo

Sabtu, 21 September 2024 | 19:00 WIB

Juara Lomba Edugame Aswaja di Kompetisi Inovasi Ma'arif, Bawa Dakwah Wali Songo

Didin Handoko, Guru MI Darussalam Curahmalang, Kecamatan Sumobito, Jombang berhasil meraih Juara 2 di final Edugame Mapel Aswaja dalam rangka peringatan Harlah LP Ma'arif NU (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Kompetisi Inovasi Ma'arif (KIM) digagas Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif PBNU untuk mengembangkan potensi dan bakat kader-kader muda NU. Berbagai jenis lomba digelar, salah satunya Edugame Mata Pelajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang diikuti oleh seorang guru asal Jombang. 


Didin Handoko, Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Curahmalang, Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang berhasil meraih Juara 2 di final Edugame Mapel Aswaja dalam rangka peringatan hari lahir (Harlah) LP Ma'arif NU ke-95 di Hotel Yuan Pasar Baru, Jakarta Rabu (18/9/2024) hingga Jumat (20/9/2024). 


Menurutnya, dalam pembuatan Edugame tersebut ia membutuhkan waktu kurang lebih tiga hari. Mulai dari story board, sinopsis, dan naskah. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


"Hal penting dadi Edugame tersebut adalah aset-aset yang akan dibuat di dalam Edugame, persiapan software hingga input data sampai di ekspor menjadi game," tutur pria yang akrab disapa Didin itu, Jumat (20/9/2024).


Bapak satu anak ini mengaku, dalam pembuatan Edugame tersebut ia mengoordinasikan guru mata pelajaran Aswaja di MI tempatnya mengajar. 


"Untuk menyusun secara sistem konten saya bekerja sama dengan guru mapel di MI Darussalam Curahmalang, tetapi proses penyusunan story board, naskah, dan lain-lain saya sendiri," terangnya. 


Didin menjelaskan, Edugame buatannya berisi sinopsis belajar dan bermain yang seru di masa lalu dengan tema pembelajaran Aswaja jenjang MI dengan materi Sejarah Islam Walisongo. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


"Belajar dan bermain sejarah Islam Walisongo saya kemas menjadi game edukasi interaktif, di game ini anak-anak akan belajar sejarah Islam di Nusantara. Juga mengenal lebih dekat Walisongo dan ajaran Aswajanya, dengan melewati berbagai tantangan dan permainan interaktif yang menarik untuk menguji pengetahuan tentang sejarah Walisongo dan nilai-nilai Islam," jelasnya. 


Lebih lanjut, ia mengatakan game interaktif berjudul 'Dakwah Islam Walisongo' tersebut diambil dari mata pelajaran Aswaja kelas empat semester satu, yang dikemas sangat menarik dengan informasi pengetahuan, peta lokasi, foto para tokoh Walisongo dan game interaktif.


Selengkapnya klik di sini.