Internasional

Dewan Kepausan Vatikan Sampaikan Selamat Idul Fitri

Sen, 28 Juli 2014 | 07:01 WIB

Jakarta, NU Online
Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama Kardinal Jean-Louis Tauron dalam surat yang dikirimkan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) “Dengan penuh sukacita kami mengucapkan kepada saudara sekaliat Selamat Hari Raya Idul Fitri” yang dikirimkan dari Vatikan, 24 Juli 2014.
<>
Dalam surat yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia tersebut ia menyatakan bahwa sebelumnya Paus Fransiskus telah menyapa Muslim sebagai “saudara-saudari kami” (pesan doa Angelus, 11 Agustus 2013). Karena sesungguhnya, kaum Kristiani dan Muslim adalah saudara satu sama lain, anggota dari keluarga umat manusia yang diciptakan oleh Allah yang satu.

Touran juga mengingatkan kembali pernyataan Paus Yohanes Paulus II kepada para pemimpin agama Islam pada tahun 1982. 
“Kita semua, kaum Kristiani dan Muslim, hidup di bawah matahari dari satu Allah yang penuh belas kasih. Kita semua percaya akan Allah pencipta manusia. Kita mengakui keagungan Allah dan membela martabat manusia sebagai hamba Allah. Kita menyembah Allah dan ingin berpasrah sepenuhnya kepada-Nya. Dengan demikian, sesungguhnya kita bisa memandang satu sama lain sebagai saudara dalam iman akan satu Allah yang Esa.” (Kaduna, Nigeria, 11 Februari, 1982).

Dalam pesannya Touran juga mengajak perlunya mempromosikan dialog yang berbuah melimpah dan dibangun atas dasar saling menghormati dan persahabatan demi terwujudnya keadilan, perdamaian serta perlindungan hak-hak dan martabat setiap manusia karena dunia sekarang mengadapi tantangan berat yang menuntut solidaritas dari semua orang yang berkehendak baik. 

“Mari kita bekerjasama untuk membangun jembatan perdamaian dan mempromosikan rekonsiliasi, terutama di daerah-daerah dimana orang Muslim dan Kristiani bersama-sama menjadi korban kekejaman perang”

Ditambahkannya, “Dengan demikian, kita akan memberi kontribusi untuk mengurangi ketegangan dan konflik, demi perkembangan kesejahtaraan umum. Kita akan juga membuktikan bahwa agama-agama dapat menjadi sumber keharmonisan demi kebaikan seluruh masyarakat.”

Terakhir, ia menyampaikan “Dengan tulus hati, bersama dengan paus Fransiskus, kami mengucapkan kepada Muslimin dan Muslimah sekalian damai sejahtara dan selamat merayakan hari Raya yang penuh sukacita.” (mukafi niam)