Kapan Tidur Anak Harus Dipisah dari Orang Tua?
NU Online Ā· Sabtu, 13 Juni 2020 | 16:00 WIB

Memisahkan tidur anak di waktu yang tepat bermanfaat membentuk pribadi anak agar kian dewasa dan mandiri.
M Ali Zainal Abidin
Kolomnis
Anak merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh Allah subhanahu wa taāala kepada setiap orang tua agar dididik dengan baik dan benar. Maka sebagai orang tua, terdapat berbagai kewajiban dalam merawat anak, salah satunya dengan memisah tempat tidur mereka. Hal demikian seperti dijelaskan dalam hadits:
Ł
ŁŲ±ŁŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁŁŲ§ŲÆŁŁŁŁ
Ł ŲØŁŲ§ŁŲµŁŁŁŁŲ§Ų©Ł ŁŁŁŁŁ
Ł Ų£ŁŲØŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų³ŁŲØŁŲ¹Ł Ų³ŁŁŁŁŁŁŲ ŁŁŲ§Ų¶ŁŲ±ŁŲØŁŁŁŁŁ
Ł Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁŲ§Ų ŁŁŁŁŁ
Ł Ų£ŁŲØŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų¹ŁŲ“ŁŲ±Ł ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¶ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹Ł
āPerintahlah anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat mereka berumur tujuh tahun, pukullah mereka (jika tidak melaksanakan shalat) saat mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur di antara merekaā (HR Abu Daud).
Berdasarkan hadits ini, para ulama berpandangan bahwa tempat tidur anak harus dipisah, baik dengan orang tua ataupun saudaranya, tatkala anak sudah menginjak usia sepuluh tahun. Kewajiban ini selain berlandaskan dalil hadits di atas, juga dimaksudkan agar menjauhi prasangka buruk (mawadhiā at-tuham) serta agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebab usia sepuluh tahun merupakan usia-usia mulai munculnya syahwat (madzinnah as-syahwat). Kewajiban memisah ranjang ini salah satunya ditegaskan dalam kitab Kifayah al-Akhyar:
ŁŲŲ±Ł
Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ±Ų¬Ł Ų£ŁŁ ŁŲ¶Ų§Ų¬Ų¹ Ų§ŁŲ±Ų¬Ł ŁŁŁŁŲ°ŁŲ§ ŁŲŲ±Ł
Ų¹ŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ±ŁŲ£ŁŲ© Ų£ŁŁ ŲŖŲ¶Ų§Ų¬Ų¹ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ±ŁŲ£ŁŲ© ŁŁŁ ŁŲ±ŁŲ§Ų“ ŁŁŲ§ŲŁŲÆ ŁŁŲ„ŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ ŁŁ ŁŁŲ§ŲŁŲÆ Ł
ŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŁ Ų¬ŁŲ§ŁŲØ Ų§ŁŁŁŲ±Ų§Ų“ ŁŁŲ°ŁŲ§ Ų£Ų·ŁŁŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁ ŁŁŲŖŁŲØŲ¹ŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŁŁŲ¶ŁŲ© ŁŁŁŁŲÆ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲŁŲ±ŁŁŁ
ŁŁŁ Ų“Ų±Ų Ł
ŁŲ³ŁŁ
ŲØŁŁ
ŁŲ§ Ų„ŁŲ°Ų§ ŁŁŲ§ŁŁŲ§ Ų¹Ų§Ų±ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ°ŁŲ§ Ų§ŁŁŁŁŁŁŲÆ ŲµŲ±Ų ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ§Ų¶ŁŁ ŲŁŲ³ŁŁŁŁ ŁŲ§ŁŁŲ±ŁŁ ŁŁŲŗŁŁŲ±ŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŁŲÆ ŁŲ±ŲÆ ŁŁŁ ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŲ±ŁŁŁŁŲ§ŁŁŲ§ŲŖ Ų°ŁŁŁŁ ŁŁŲ„ŁŲ°Ų§ ŲØŁŲŗ Ų§ŁŲµŁŁŲØŁŁ ŁŲ§ŁŲµŲØŁŲ© Ų¹Ų“Ų± Ų³ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ¬ŲØ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲ±ŁŁŁ ŲØŁŁŁŁ ŁŁŲØŁŁŁ Ų§Ł
ŁŁ ŁŁŲ£ŁŲØŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŲ®ŁŲŖŁ ŁŲ£Ų®ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁ
Ų¶Ų¬Ų¹ ŁŁŁŲµŁŲµ Ų§ŁŁŁŁŲ§Ų±ŁŲÆŁŲ© ŁŁŁ Ų°ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁ Ų£Ų¹ŁŁ
āHaram bagi seorang laki-laki tidur seranjang dengan laki-laki yang lain, begitu juga bagi perempuan haram tidur satu ranjang dengan perempuan yang lain, meskipun masing-masing dari mereka berada di sisi ranjang yang lain, seperti yang dimutlakkan oleh Imam ar-Rafiāi dan diikuti oleh Imam an-Nawawi dalam kitab ar-Raudhah, sedangkan dalam kitab Syarah Muslim, Imam an-Nawawi membatasi keharaman tersebut ketika mereka dalam keadaan telanjang. Batasan demikian sama halnya yang ditegaskan oleh Qadli Husein, al-Harawi dan ulama lainnya. Pembatasan demikian juga terdapat dalam sebagian riwayat. Dan ketika anak kecil laki-laki dan perempuan telah menginjak usia sepuluh tahun, maka wajib untuk memisahkan mereka dengan ibu, bapak, saudara laki-laki, dan perempuannya dengan ranjang yang berbeda, sebab terdapat dalil nash yang menyebutkan hal ini. Wallahu aālamā (Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini, Kifayah al-Akhyar, hal. 354)
Meski demikian, sebagian ulama berpendapat bahwa kewajiban memisahkan tempat tidur anak tidak dimulai dari usia sepuluh tahun, melainkan sejak anak menginjak usia tujuh tahun. Pendapat ini salah satunya diusung oleh Imam az-Zarkasyi dengan berpijak pada dalil hadits yang lain yang menyebutkan usia tujuh tahun sebagai pijakan utama dalam pemisahan tempat tidur anak. Berikut penjelasan mengenai hal ini:
ŁŁŁ
ŁŲ§ Ų°ŁŁŁŲ±ŁŁŁ Ł
ŁŁŁ Ų§Ų¹ŁŲŖŁŲØŁŲ§Ų±Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ“ŁŲ±Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ ŁŁŲ§Ų²ŁŲ¹Ł ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲ²ŁŁŲ±ŁŁŁŲ“ŁŁŁŁ ŁŁŲŗŁŁŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¹ŁŲŖŁŲØŁŲ±Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŲØŁŲ¹Ł ŁŁŲ®ŁŲØŁŲ±Ł Ā«Ų„Ų°ŁŲ§ ŲØŁŁŁŲŗŁ Ų£ŁŁŁŁŁŲ§ŲÆŁŁŁŁ
Ł Ų³ŁŲØŁŲ¹Ł Ų³ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ“ŁŁŁŁ
ŁĀ» Ų±ŁŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŲÆŁŁŲ§Ų±ŁŁŁŲ·ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲŁŲ§ŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁŲ§ŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁ ŲµŁŲŁŁŲŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų“ŁŲ±ŁŲ·Ł Ł
ŁŲ³ŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁŁŲ°ŁŲ§ ŁŁŲÆŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŲØŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁ
ŁŲ“ŁŁŁŁŲ±Ł Ā«ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁŁŁŁŁ
Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¶ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹ŁĀ» Ų±ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹Ł Ų„ŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų³ŁŲØŁŲ¹Ł ŁŁŲ£ŁŲØŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų¹ŁŲ“ŁŲ±Ł Ų¬ŁŁ
ŁŁŲ¹ŁŲ§
āHal yang dijelaskan berupa penetapan umur sepuluh tahun sebagai pijakan wajibnya memisah ranjang, ditentang oleh imam az-Zarkasyi dan ulama yang lain. Mereka berpendapat bahwa yang menjadi pijakan adalah umur tujuh tahun, berdasarkan hadits ājika anak kalian telah berumur tujuh tahun, maka pisahlah ranjang tidur merekaā hadits riwayat imam Daruquthni dan imam Hakim, hadits ini adalah hadits shahih berdasarkan syarat kualifikasi Imam Muslim. Hadits ini menunjukkan bahwa sabda Nabi dalam hadits yang masyhur āPisahlah ranjang di antara merekaā berlaku bagi anak berumur tujuh sekaligus sepuluh tahunā (Syekh Zakaria al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 3, hal.113)
Namun penetapan usia tujuh tahun dalam pemisahan tempat tidur anak, rupanya dipandang sebagai pendapat yang lemah oleh para ulama, dan hadits yang menyebut perintah memisahkan tempat tidur anak saat menginjak usia tujuh tahun diarahkan hanya bersifat anjuran (sunnah) tidak sampai mengarah pada hukum wajib. Ā
Sedangkan maksud memisahkan tempat tidur antara anak dan orang tua, dapat mengarah pada dua cara. Pertama, memisah tempat tidur dengan memiliki tempat tidur sendiri-sendiri bagi anak dan orang tua. Kedua, tempat tidur cukup satu tempat atau satu ruangan, namun masing-masing anak dan orang tua berada di tempat yang terpisah dan tidak saling berdekatan.
Masing-masing dari dua cara dalam memisahkan anak dan orang tua dalam tempat tidur sama-sama dapat dijadikan pijakan dan diamalkan, meski yang paling utama adalah mengikuti cara pertama, sebab cara tersebut merupakan cara yang paling hati-hati (al-ahwath). Kedua cara ini terangkum dalam kitab Hasyiyah ar-Ramli al-Kabir berikut:
Ł (ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ¬ŁŲØŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ Ų„ŁŁŲ®Ł) ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲ¶ŁŲ§Ų¬ŁŲ¹Ł ŁŁŲµŁŲÆŁŁŁ ŲØŁŲ·ŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŁŁŁŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŲ±ŁŲ§Ų“Ł ŁŁŲ£ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ§Ų“Ł ŁŁŲ§ŲŁŲÆŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ł
ŁŲŖŁŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŲŗŁŁŁŲ±Ł Ł
ŁŲŖŁŁŁŲ§ŲµŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲØŁŲŗŁŁ Ų§ŁŁŲ§ŁŁŲŖŁŁŁŲ§Ų”Ł ŲØŁŲ§ŁŲ«ŁŁŲ§ŁŁŁŲ ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ ŲÆŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ ŲŁŁ
ŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲÆŁŁŲ«Ł Ų¹ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲŁŲÆŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŲ²ŁŁŲ±ŁŁŁŲ“ŁŁŁŁ ŲŁŁ
ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŲøŁŁŲ§ŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ ŁŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŁŁŲ§ŲØŁ ŁŁŁŁŲŁŲÆŁŁŲ«Ł Ų§ŁŲ³ŁŁŲ§ŲØŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ“ŁŁŁŁ
Ł Ł
ŁŲ¹Ł ŲŖŁŲ£ŁŁŁŁŲÆŁŁŁ ŲØŁŲ§ŁŁŁ
ŁŲ¹ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ų®ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ
ŁŲŁŲ°ŁŁŲ±Ł
āMaksud dari memisah ranjang bias mencakup dua cara. Pertama, masing-masing dari keduanya (anak dan orang tua) memiliki tempat tidur tersendiri. Kedua, mereka berdua berada dalam satu tempat tidur, namun terpisah dan tidak saling menempel atau berdekatan. Hendaknya bentuk memisah ranjang ini dicukupkan dengan cara kedua, sebab tidak ada dalil yang mengarahkan hadits pada pemaknaan cara pertama saja. Imam az-Zarkasyi berkata: mengarahkan hadits pada cara pertama adalah makna yang dhahir bahkan merupakan makna yang benar, berdasarkan hadits 'Pisahlah di antara ranjang mereka'Ā besertaan kuatnya cara pertama ini terhadap makna, yakni khawatir terjadinya hal yang ditakutkanā (Syihabuddin ar-Ramli, Hasyiyah ar-Ramli al-Kabir āala Asna al-Mathalib, juz 3, hal. 113)Ā
Walhasil, memisah tempat tidur anak dengan orang tua adalah hal yang wajib saat anak sudah menginjak usia sepuluh tahun. Pendapat yang lain menyebutkan pemisahan ranjang ini dimulai saat anak berusia tujuh tahun. Dalam praktiknya, sebaiknya orang tua senantiasa bijak dan memperhatikan sarana dan prasarana yang tersedia dalam rumahnya, jika ruangan rumah hanya terbatas dan tidak memungkinkan untuk dipisah dengan kamar yang lain, maka boleh bagi orang tua untuk mengikuti cara kedua dalam memisah tempat tidur anak dengan sekiranya tidur anak dan orang tua tidak berdekatan dan menempel, meski masih dalam satu ruangan yang sama.
Di samping menyiapkan suasana baru bagi anak yang beranjak kian dewasa, memisahkan tempat tidur juga bagian dari ikhtiar membentuk pribadi anak untuk lebih mandiri. Dengan tidur sendiri, apalagi bila punya kamar sendiri, anak dilatih untuk bertanggung jawab atas dirinya dan ruangannya tanpa mesti selalu bergantung pada orang tua.Ā Wallahu aālam.
Ustadz M. Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok PesantrenĀ Annuriyyah, Kaliwining, Jember, Jawa Timur.
Terpopuler
1
Ramai Bendera One Piece, Begini Peran Bendera Hitam dalam Revolusi Abbasiyah
2
Gus Yahya: NU Bergerak untuk Kemaslahatan Umat
3
Munas Majelis Alumni IPNU Berakhir, Prof Asrorun Niam Terpilih Jadi Ketua Umum
4
Ketum PBNU Resmikan 13 SPPG Makan Bergizi Gratis di Lingkungan NUĀ
5
Di Tengah Fenomena Bendera One Piece Badan Siber Ansor Ajak Generasi Muda Hormati Merah Putih
6
PPATK Tuai Kritik: Rekening Pasif Diblokir, Rekening Judol Malah Dibiarkan
Terkini
Lihat Semua