Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Viral, Foto Habib Luthfi Saat Shalat Id bersama Jamaah di Pekalongan

Viral, Foto Habib Luthfi Saat Shalat Id bersama Jamaah di Pekalongan
Habib Luthfi bin Yahya berada di tengah jamaah saat shalat id 1442 H di Masjid Al-Jami' Kota Pekalongan. (Foto: Istimewa)
Habib Luthfi bin Yahya berada di tengah jamaah saat shalat id 1442 H di Masjid Al-Jami' Kota Pekalongan. (Foto: Istimewa)

Pekalongan, NU Online
Foto Habib Luthfi bin Yahya yang mengikuti shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Jami’ Kauman, Kota Pekalongan, Jawa Tengah viral. Foto tersebut jadi perbincangan khalayak ramai. Pasalnya, apa yang dilakukan oleh Habib Luthfi berjamaah shalat Id tidak seperti lazimnya para tokoh duduk dan memilih shaf paling depan.


Tidak demikian yang dilakukan Habib Luthfi bin Yahya pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid besar Kota Pekalongan. Meski Habib Luthfi hadir sebelum shalat dimulai dan panitia serta Barisan Ansor Serbaguna (Banser) telah menyiapkan akses jalan untuk bisa dilalui Habib Luthfi menuju ke dalam masjid, Habib Luthfi memilih gelar sajadah di kerumunan jamaah, tepatnya di pelataran masjid.


Ketua Takmir Masjid Agung Al-Jami Kota Pekalongan, KH Abdul Fatah Yasran, membenarkan bahwa Habib Luthfi shalat id di pelataran masjid. Ia dan segenap jajaran pengurus telah menyiapkan akses masuk ke masjid, akan tetapi Habib Luthfi memilih duduk dan menyatu dengan ribuan jamaah lainnya yang mengikuti shalat Id.


"Kami tidak bisa memaksa Habib Luthfi untuk masuk ke dalam masjid, karena beliau ingin bersama jamaah lainnya di tempat terbuka," ujar Kiai Fatah.


Salah satu jamaah shalat id di Masjid Al-Jami Kota Pekalongan H Zainal Farid yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Kota Pekalongan mengaku melihat Habib Luthfi berada di tengah-tengah jamaah.


"Saya melihat dari jarak dekat karena posisi saya sekitar 1 meter di depan Habib Luthfi," ujarnya kepada NU Online, Selasa (18/5).


Menurutnya, keberadaan Rais Aam Idarah Aliyah Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) ini menyatu di tengah jamaah untuk menunjukkan kesetaraan posisi hamba kepada khaliq-Nya yang tidak dibedakan oleh jabatan, pangkat, maupun golongan.


"Habib Luthfi mampu memerankan hal itu dengan baik," tandasnya.


Dalam gelaran Shalat Id ini, bertindak selaku khatib Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, H Imam Hanafi al-Jauhari. Shalat Id menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Seluruh jamaah yang masuk di dalam pelataran dan masjid diperiksa suhu badannya menggunakan thermogun oleh petugas. 


Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori



Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya