Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga Berhasil Kumpulkan 1306 Karya

Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga Berhasil Kumpulkan 1306 Karya
Ilustrasi santri dan hari santri. (Foto: NU Online)
Ilustrasi santri dan hari santri. (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online

Sebanyak 1306 karya telah didaftarkan oleh peserta pada kegiatan Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama. Sayembara ini secara resmi telah ditutup pada 13 Oktober 2021.


Kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri 2021 ini terdiri dari beberapa lomba, yaitu VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Video Challenge Selamat Hari Santri, Surat Santri untuk Presiden dan Menteri Agama, dan Santri Sehari Menjadi Menteri. 


Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur menyambut gembira atas antusiasme kalangan santri dan masyarakat umum dalam mengikuti perlombaan tersebut. 


“Kami yakin semua karya yang dikirimkan ini benar-benar didedikasikan untuk menambah kemeriahan Hari Santri 22 Oktober yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi melalui Keppres No. 22 Tahun 2015,” kata Waryono di Jakarta, pada Kamis (14/10).


Waryono menjelaskan seluruh karya Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga akan diseleksi oleh dewan juri berkompeten di bidangnya, yang terdiri dari akademisi, jurnalis, content creator, sineas, peneliti, dan budayawan.


“Dewan juri pada 16-17 Oktober akan menyeleksi karya terbaik sesuai dengan kriteria penilaian. Yang jelas, karya-karya terbaik tersebut nantinya menunjukkan bahwa santri selalu siap jiwa dan raga dalam membela serta mempertahankan persatuan Indonesia,” jelasnya.


“Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dalam karya-karya tersebut kalangan pesantren akan menunjukkan kesiagaannya dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19,” tambah Waryono.


Waryono mengatakan karya terbaik dari masing-masing lomba akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sejumlah 17.000.000 bagi juara I, lalu 10.000.000 bagi juara II, dan 5.000.000 juta bagi juara III. Khusus untuk sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri, pemenang terbaik I mendapatkan tabungan pendidikan sebesar 22.000.000.


“Perihal waktu pengumuman pemenang sayembara akan diumumkan di website ditpdpontren.kemenag.go.id dan secara langsung akan dibacakan pada momen Santriversary Malam Puncak Peringatan Hari Santri pada Jumat 22 Oktober yang diadakan di Auditorium H.M. Rasjidi di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat,” pungkasnya.


Kontributor: M. Zidni Nafi’

Editor: Fathoni Ahmad

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya