Nasional

Ma'had Aly Harus Punya Kelebihan

Rab, 10 Oktober 2018 | 23:00 WIB

Ma'had Aly Harus Punya Kelebihan

Silaturahmi nasional mahasantri Ma'had Aly

Yogyakarta, NU Online
Mudir Am Ma'had Aly Ali Ma'shum KH Afif Muhammad Hasbullah mengatakan, komunitas Ma'had Aly dan Mahasantri Ma'had Aly harus mempunyai kelebihan dan  harus menjadi contoh bagi kaum pendidikan tinggi lainnya.

Hal itu disampaikan kepada NU Online, Rabu (10/10 saat menyambut kedatangan tamu delegasi Assosiasi Ma'had Aly Indonesia (Amali) yang menggelar silaturahmi nasional mahasantri Ma'had Aly seluruh Indonesia bertempat di Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta, berbarengan dengan kegiatan Muktamar Santri Nusantara yang diadakan Kementerian Agama, Rabu sampai Jumat (10-12/10).

"Mahasantri Ma'had Aly, harus mengedepankan karakter yang baik," ujar Kiai Afif. 

Sementara itu, Kiai Abdul Jalal yang merupakan Ketua Amali mengatakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh Amali, pertama terkait dengan wadah bagi mahasantri Ma'had Aly seluruh Indonesia. 

"Kita belum memiliki wadah yang menghimpun mahasantri seluruh Indonesia, saya berharap dari forum ini nanti bisa dibentuk satu wadah yang menaungi mahasantri dari seluruh Ma'had Aly di Indonesia," ujarnya. 

Kedua, mengenai upaya penjajakan kerja sama pada institusi pendidikan luar negeri. Ia menuturkan, Amali saat ini sedang berupaya menjalin kerja sama dengan Darul Ifta Mesir dan Universitas Al-Azhar Kairo. 

"Harapannya, lulusan Ma'had Aly nanti bisa belajar di Darul Ifta dan Universitas Al-Azhar satu atau dua tahun," ujarnya. 

Sehingga, lanjut Kiai Jalal, begitu selesai pendidikan di Mesir keilmuan para alumni Ma'had Aly semakin mantap dan bisa mewarnai organisasi agama seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam. 

Selain dua hal tersebut, pria asal Situbondo tersebut juga meminta kepada mudir dan mahasantri Ma'had Aly untuk menggaungkan nama Ma'had Aly di masing-masing wilayahnya. Pasalnya, masih banyak orang yang belum kenal dengan Ma'had Aly. 

"Saya berharap para mudir dan mahasantri yang hadir di sini bisa menggaungkan nama Ma'had Aly agar semakin dikenal masyarakat luas," pungkasnya. (Salafudin/Muiz)