Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Jokowi: PON XX Bukti Kemajuan Papua dari Berbagai Sisi

Jokowi: PON XX Bukti Kemajuan Papua dari Berbagai Sisi
Presiden Jokowi saat membuka resmi perayaan PON ke-20 di Papua, Sabtu (2/10) malam. (Foto: Dok. Facebook Presiden Joko Widodo).
Presiden Jokowi saat membuka resmi perayaan PON ke-20 di Papua, Sabtu (2/10) malam. (Foto: Dok. Facebook Presiden Joko Widodo).

Papua, NU Online
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021) malam.


Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan PON Papua adalah simbol kemajuan tanah Papua dari berbagai sisi. Masyarakat bisa melihat secara bebas kemegahan tempat pertandingan olahraga yang disediakan.


Kepala Negara berangkat ke Papua sejak tanggal 1 Oktober 2021 dan memiliki sejumlah agenda selain meresmikan pembukaan PON Papua. Oleh karenanya, Jokowi bermalam di Papua.


“Kita bangga membuka PON pertama kali di tanah Papua. PON ke-20 ini menggambarkan kemajuan Papua. PON ini juga sebagai wujud kesiapan infrastruktur dan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di nasional dan internasional,” jelasnya seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.


Menurut Jokowi, PON punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON adalah panggung persatuan dan panggung kebersamaan. Panggung persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan. Untuk maju bersama dan sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.


Stadion tempat pembukaan PON ke XX ini, lanjut Jokowi, bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Masih ada kelancaran konektivitas laut, darat, pembangunan bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua dan pengembangan sumber daya manusia.


“Semua ini adalah capain-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan. Selain terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas pendidikan di Papua,” imbuh pria asal Solo ini.


Sebelum membuka PON Papua, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa dirinya juga meresmikan Papua Youth Creative Hub (Poros Kreasi Pemuda Papua). Diharapkan ini bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta Papua.


Dengan begitu bisa meningkatkan nilai tambah potensi yang ada di Papua. Prestasi-prestasi pemuda Papua harus terus dipupuk dan dikembangkan. Kreatifitas dibidang musik, seni dan budaya harus terus dikembangkan. Sangat membanggakan.


“Mari kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, kesetaraan, mempererat persaudaran dan kesatuan persatuan bangsa Indonesia. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat,” tandas Kepala Negara.


Ajang olahraga nasional empat tahunan ini digelar pada 2-15 Oktober dan mempertandingkan 6.442 atlet dari 34 Provinsi di Indonesia. Tempat utama penyelenggaraan PON berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.


Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya