Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Ini Lima Seruan dan Komitmen Front Penggerak Pancasila

Ini Lima Seruan dan Komitmen Front Penggerak Pancasila
Karanganyar, NU Online
Setidaknya 25 ribu lebih Nahdliyin mengikuti kegiatan apel kesetiaan Pancasila di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Ahad (15/10). Dalam kesempatan itu, Koordinator Nasional Front Penggerak Pancasila (FPP) H Abdul Muni’im DZ menyampaikan perlunya diselenggarakan kegiatan ini.

“Kita hadir di sini bukan untuk rekreasi, bukan untuk bersenang-senang tetapi dalam rangka mengungkapkan keprihatinan kita sebagai bangsa Indonesia. Karena bangsa Indonesia, kini dalam keadaan yang memprihatinkan,” kata Wakil Sekjen PBNU itu.

Ia juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengembalikan tata aturan sesuai dengan ideologi Pancasila yang tercantum dalam lima komitmen kesetiaan pada Pancasila.

Adapun lima komitmen tersebut, yakni  pertama, memperkokoh dan mempertahankan Pancasila yang mendasari seluruh aktivitas berbangsa dan bernegara. Kedua, mendesak seluruh elemen masyarakat menerapkan Pancasila di semua aspek kehidupan.

“Kemudian (ketiga) bersikap tegas terhadap kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila,” tegas Kiai Mun’im.

Keempat, menjaga agar Pancasila tidak disalahgunakan untuk memanilpulasi, dan terakhir  mengajak semua kalangan untuk menjalankan Pancasila sepenuh jiwa raga tanpa keraguan.

Sementara itu,  Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH Ubaidillah Shodaqoh berharap seluruh masyarakat, khsusunya Warga Nahdliyin dapat ikut menjaga Pancasila. “Semoga kita dapat menjaga Pancasila di Bumi Indonesia yang kita cintai,” tuturnya. (Ajie Najmuddin/Mahbib)


Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya