BPKH Limited Bantu Sediakan Lapak Kuliner Nusantara di Makkah
NU Online · Sabtu, 14 Juni 2025 | 11:00 WIB

Hesti Noviyasari, pengelola warung soto di Makkah yang digandeng BPKH Limited, 11 Juni 2025. (Foto: NU Online/Patoni/MCH 2025)
Patoni
Penulis
Makkah, NU Online
Di antara yang memberi kesan bagi jamaah haji ialah kuliner khas Indonesia di Tanah Suci selama menjalankan rangkaian ibadah haji. Pasalnya, berada di Arab Saudi selama berminggu-minggu membuat mereka merindukan makanan Nusantara.
Rasa rindu mereka untuk menyantap soto, bakso, dan gorengan terobati ketika hotel-hotel tempat menginap jamaah haji Indonesia terdapat warung kuliner khas Indonesia.
Para pengusaha kuliner bermitra dengan dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Limited sebagai penyedia lapak. Warung soto Boyolali, misalnya, yang buka di hotel nomor 502 Makkah.
Hj Hesti Noviyasari, pengusaha soto Boyolali di Makkah mengatakan, keberadaan BPKH Limited membantu dalam sisi legal dan penyediaan lapak.
Menurutnya, fasilitas lapak yang disediakan BPKH juga bagus. BPKH, kata Hesti, menempatkan warung kuliner Nusantara di resto yang kondisinya sudah proper.
Hesti mengatakan, usaha jualan sotonya di Makkah melalui proses terbuka dan profesional dengan BPKH. Ia mengatakan, siapa saja memanfaatkan peluang ini setiap musim haji.
"BPKH open (terbuka) kok, di IG-nya juga open, hotel-hotel ini kan sudah dikelola. Jadi open bagi siapa saja yang ingin jualan," kata Hesti saat ditemui Rabu (11/6/2025) di warung sotonya di hotel nomor 502 Makkah.
Selain membangun menyediakan lapak, kata Hesti, BPKH Limited sebagai institusi legal juga membantu memfasilitasi visa dan penyedia sumberdaya manusia (SDM).
"Kalau kita mau mencari SDM segala macem juga terbantu," ucap Hesti.
Dia berharap, program dinaungi BPKH Limited ini berlanjut karena terbukti dapat membantu jamaah haji Indonesia dalam memenuhi kebutuhan kuliner Nusantara.
"Program ini bagus banget, jamaah juga bahagia, apalagi masakan-masakan Indonesia, yang ke sini UMKM-UMKM Indonesia, cita rasa Indonesia itu membuat bahagia jamaah," ujar Hesti.
Di warung sotonya, Hesti juga melengkapinya dengan berbagai macam gorengan. Jamaah disediakan tempat yang nyaman untuk makan karena sudah tersedia meja dan kursi makan.
Sementara itu, Direktur BPKH Limited Iman Nikmatullah menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen terus menyediakan layanan yang memudahkan untuk jamaah haji Indonesia selama di Tanah Suci.
Sebab itu, BPKH Limited juga menyediakan layanan makanan siap saji bagi jamaah haji Indonesia untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji sebelum dan setelah fase puncak haji.
BPKH Limited juga menggandeng para pengelola kargo lokal di Arab Saudi menyediakan jasa pengiriman barang-barang jamaah haji Indonesia dari Tanah Suci ke Tanah Air secara amanah.
Terpopuler
1
Khutbah Jumat: Mempertahankan Spirit Kurban dan Haji Pasca-Idul Adha
2
Ketum PBNU Buka Suara soal Polemik Tambang di Raja Ampat, Singgung Keterlibatan Gus Fahrur
3
Jamaah Haji yang Sakit Boleh Ajukan Pulang Lebih Awal ke Tanah Air
4
Rais 'Aam dan Ketua Umum PBNU Akan Lantik JATMAN masa khidmah 2025-2030
5
Khutbah Jumat: Meningkatkan Kualitas Ibadah Harian di Tengah Kesibukan
6
Khutbah Jumat: Menyatukan Hati, Membangun Kerukunan Keluarga Menuju Hidup Bahagia
Terkini
Lihat Semua