Shalat jenazah adalah salah satu jenis ibadah yang berstatus fardhu kifayah (kewajiban kolektif). Ketika sudah terdapat salah satu dari penduduk yang melaksanakan kewajiban ini, maka kewajiban melaksanakan shalat jenazah bagi penduduk lainnya menjadi gugur.
Sudah maklum sekali bahwa tata cara shalat jenazah adalah dengan cara melakukan empat takbir. Takbir pertama disertai niat menshalati mayit, lalu setelah itu membaca Surat Al-Fatihah. Takbir kedua membaca shalawat nabi. Takbir ketiga membaca doa-doa yang ditujukan kepada mayit, seperti doa:
ุงููููููู
ูู ุงุบูููุฑู ูููู ููุงุฑูุญูู
ููู ููุนูุงูููู ููุงุนููู ุนููููู ููุฃูููุฑูู
ู ููุฒููููู ููููุณููุนู ู
ูุฏูุฎููููู ููุงุบูุณููููู ุจูุงููู
ูุงุกู ููุงูุซููููุฌู ููุงููุจูุฑูุฏู ููููููููู ู
ููู ุงููุฎูุทูุงููุง ููู
ูุง ูููููููุชู ุงูุซููููุจู ุงููุฃูุจูููุถู ู
ููู ุงูุฏููููุณูููุฃูุจูุฏููููู ุฏูุงุฑูุง ุฎูููุฑูุง ู
ููู ุฏูุงุฑููู ููุฃูููููุง ุฎูููุฑูุง ู
ููู ุฃููููููู ููุฃูุฏูุฎููููู ุงููุฌููููุฉู ููููุฌูููู ู
ููู ุงููููุงุฑู
Dhamir โhuโ yang terdapat dalam doa-doa di atas diubah menjadi dhamir โhaโ ketika mayit yang hendak dishalati adalah perempuan sehingga doanya menjadi:
ุงููููููู
ูู ุงุบูููุฑู ูููุง ููุงุฑูุญูู
ููุง ููุนูุงูููุง ููุงุนููู ุนููููุง ููุฃูููุฑูู
ู ููุฒููููุง ููููุณููุนู ู
ูุฏูุฎููููุง ููุงุบูุณููููุง ุจูุงููู
ูุงุกู ููุงูุซููููุฌู ููุงููุจูุฑูุฏู ููููููููุง ู
ููู ุงููุฎูุทูุงููุง ููู
ูุง ูููููููุชู ุงูุซููููุจู ุงููุฃูุจูููุถู ู
ููู ุงูุฏููููุณู ููุฃูุจูุฏููููุง ุฏูุงุฑูุง ุฎูููุฑูุง ู
ููู ุฏูุงุฑููุง ููุฃูููููุง ุฎูููุฑูุง ู
ููู ุฃููููููุงููุฃูุฏูุฎููููุง ุงููุฌููููุฉู ููููุฌูููุง ู
ููู ุงููููุงุฑู
Setelah melaksanakan takbir yang ketiga selanjutnya melaksanakan takbir keempat yang diiringi denganย salam. Cara demikian adalah ketentuan yang ringkas dalam pelaksanaan shalat jamaah.
Permasalahan terjadi ketika seseorang yang hendak akan melaksanakan shalat mayit, rupanya tidak mengetahui jenis kelamin mayit. Dalam keadaan demikian, bagaimanakah ketentuan shalat yang harus dilakukannya?
Dalam keadaan demikian, para ulamaโ Mazhab Syafiโiyah berpandangan bahwa dibebaskan bagi seseorang yang hendak menshalati mayit yang tidak diketahui alat kelaminnya untuk menggunakan dhamir โhuโ atau โhaโ dalam bacaan doa setelah takbir ketiga.
Menggunakan dhamir โhuโ dengan dimaksudkan pada lafadz ุดุฎุต (seseorang) atau ู
ูุช yang dalam gramatika arab keduanya tergolong lafal yang mudzakkar (laki-laki) atau boleh juga dalam doa setelah takbir ketiga melafalkan dengan menggunakan dlamir โhaโ dengan dimaksudkan pada lafal ุฌูุงุฒุฉ (jenazah) yang dalam gramatika arab tergolong muannats (perempuan).
Bebasnya memilih dua kategori ini dikarenakan ketiga lafal di atas (ุดุฎุต, ู
ูุช, ุฌูุงุฒุฉ) dapat mengakomodasi mayit yang berkelamin laki-laki dan perempuan sehingga boleh saja memilih pelafalan salah satu jenis doa di atas pada kasus mayit yang tidak diketahui alat kelaminnya.
Keterangan ini seperti yang dijelaskan dalam Kitab Mughnil Muhtaj:
ูุงูููุงุณ ุฃูู ูู ูู
ูุนุฑู ุฃู ุงูู
ูุช ุฐูุฑ ุฃู ุฃูุซู ุฃู ูุนุจุฑ ุจุงูู
ู
ููู ููุญูู ููุฌูุฒ ุฃู ูุฃุชู ุจุงูุถู
ุงุฆุฑ ู
ุฐูุฑุฉ ุนูู ุฅุฑุงุฏุฉ ุงูุดุฎุต ุฃู ุงูู
ูุช ูู
ุคูุซุฉ ุนูู ุฅุฑุงุฏุฉ ููุธ ุงูุฌูุงุฒุฉ
Artinya, โSecara qiyas, sungguh jika tidak diketahui apakah mayit laki-laki atau perempuan, maka kata โmayitโ dilafalkan dengan kata mamluk atau lafal lain yang sama, dan boleh (dalam doa) untuk menggunakan dhamir mudzakkar (laki-laki) dengan menghendaki kata โAs-Syakhsโ atau โAl-Mayyitโ dan boleh pula menggunakan dhamir muannats (perempuan) dengan menghendaki kata โal-janazah,โ (Lihat Syekh Khatib As-Syirbini, Mughnil Muhtaj, juz I, halaman 343).
Adapun pelafalan niat shalat jenazah pada mayit yang tidak diketahui status kelaminnya tidak perlu dipertegas dengan dhamir mudzakkar atau muannats dalam pelafalan niatnya sebab hal ini tidak diwajibkan. Cukup dengan menggunakan kata isyarat seperti dengan menggunakan niat demikian:
ุฃุตูู ุนูู ูุฐุง ุงูู
ูุช ูุฑุถุง ููู ุชุนุงูู
Artinya, โSaya niat menshalatiย mayit ini sebagai shalat fardhu karena Allah taโala.โ
Dengan menggunakan kata โmayit iniโ yang ditujukan pada mayit yang ada di depannya, maka sudah dianggap cukup, walau orang yang menshalati sejatinya tidak mengetahui alat kelamin dari mayit. Pasalnya, kata โmayit iniโ sudah mengakomodasi mayit laki-laki atau perempuan. Wallahu aโlam. (Ustadz Ali Zainal Abidin)