Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Tumbuhkan Rasa Kebersamaan, Yahudi London Bukber Bersama Muslim

Tumbuhkan Rasa Kebersamaan, Yahudi London Bukber Bersama Muslim
Yahudi London undang komunitas Muslim buka puasa bersama di Sinagoge Woodford United (thenews.com.pk)
Yahudi London undang komunitas Muslim buka puasa bersama di Sinagoge Woodford United (thenews.com.pk)
London, NU Online
Komunitas Yahudi London, Inggris, mengundang komunitas Muslim di sana untuk ikut buka puasa bersama yang diadakan di Sinagoge Woodford United yang terletak di pusat kota London Timur. Tidak hanya komunitas Muslim, mereka juga mengajak para penganut agama lainnya seperti Sikh, Kristen, dan lainnya. Kejadian ini berlangsung pada Kamis, 30 Mei lalu.

Ini menjadi buka puasa Ramadhan pertama yang digelar di Sinagoge Woodford United. Mereka menyediakan hidangan untuk santap buka puasa bagi komunitas Muslim. Sejumlah pemuka Yahudi, baik lokal maupun nasional, turut hadir dalam acara tersebut.

Acara buka bersama antar penganut agama ini dinilai bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidatiras antar mereka. Di samping itu, acara ini juga menjadi ‘sarana’ bagi penduduk setempat untuk saling mengenal dan menyebarkan pemahaman tentang penanganan rasisme. 

Panitia buka bersama di Sinagoge Woodford United, Rabbi Wallenberg, menilai, acara yang diselenggarakannya itu berjalan sukses. Menurutnya, pada kesempatan itu komunitas Yahudi dan Muslim saling bertukar informasi tentang keyakinannya masing-masing.

"Acara ini sukses besar, Muslim dan Yahudi berkumpul untuk belajar tentang keyakinan masing-masing dan perspektif satu sama lain. Bagi banyak Muslim yang hadir, ini adalah pertama kalinya mereka iftar di sebuah sinagog dan bagi tamu Yahudi, ini adalah pertama kalinya mereka iftar,” kata Wallenberg, seperti dikutip laman thenews.com, Ahad (2/6).

Sementara panitia buka bersama lainnya, Harris Bokhari, menyatakan, segala bentuk rasisme harus dibuang jauh-jauh. Menurutnya, siapapun yang menentang anti-semistisme dengan cara yang benar maka ia sama juga dengan menentang islamfobia.

“Kita perlu membuang jauh segala bentuk prasangka dan rasisme di tengah masyarakat dan ketahuilah, bila kita menentang anti-semitisme dengan cara yang benar, maka kita pun sama saja dengan menentang islamfobia," kata pendiri Naz Legacy Foundation itu dalam sambutannya.

Di samping Bokhari, ada beberapa nama yang juga berkesempatan menyampaikan pidato dalam acara buka puasa bersama di Sinagoge Woodford United tersebut. Diantaranya Mohammed Fahim (Imam Besar Masjid Woodford Selatan), Susan Pollack (korban selamat rezim Adolf Hitler), dan Khatira Kazemi (seorang penduduk lokal berusia 15 tahun yang merupakan anggota Dewan Pemuda Redbridge). (Red: Muchlishon)

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya