Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Al-Azhar Mesir Sebut Gus Dur sebagai Bapak Demokrasi Indonesia

Al-Azhar Mesir Sebut Gus Dur sebagai Bapak Demokrasi Indonesia

Jakarta, NU Online
Laman facebook resmi Universitas Al-Azhar Mesir menampilkan infografi terkait profil KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Jumat (17/6). Pada laman ini, Gus Dur disebut sebagai Abud Dimuqrâtiyyah al-Indûnîsiyyah atau Bapak Demokrasi Indonesia.

Sebutan ini tidak berlebihan mengingat kiprah Gus Dur dalam mendorong proses demokrasi di Indonesia. Gus Dur tidak segan merangkul pelbagai kalangan di luar komunitasnya dalam melakukan gerakan demokratisasi di Indonesia.

(Baca juga: Profil Gus Dur Muncul di Laman Al-Azhar Mesir)

Akun resmi yang beralamat Universitas Al-Azhar ini secara jelas menyebutkan kelahiran, latar belakang keluarga, kiprah sosial, dan karir politik hingga masalah kesehatan Gus Dur secara singkat.

Gus Dur disebutkan lahir di pulau Jawa, salah satu pulau di Indonesia pada 1940. Presiden Ke-4 RI ini besar di lingkungan keluarga yang agamis. Pria yang biasa disapa Gus Dur ini kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Mesir.

Laman ini menjelaskan kontribusi Gus Dur terletak pada kiprahnya memimpin Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi yang membawahi komunitas Islam terbesar di Indonesia. Gus Dur terpilih dalam pemilu yang demokratis di Indonesia pada 1999. Ia karena kemudian digulingkan oleh parlemen pada 2001.

Akun yang memuat profil singkat Gus Dur ini dikomentari banyak orang. Mereka mengapresiasi alumnus Al-Azhar Kairo asal Indonesia yang wafat pada 2009 ini. (Alhafiz K)


Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya