Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

TPQ Ini Selalu Libatkan Fakir Miskin dalam Setiap Kegiatan

TPQ Ini Selalu Libatkan Fakir Miskin dalam Setiap Kegiatan
Jombang, NU Online
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Anwarul Quran Desa Cangkringrandu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menghiasi bulan Muharam dengan santunan fakir miskin.

Total fakir miskin yang disantuni mencapai yaitu 142 orang. Ratusan orang ini mendapatkan bingkisan berupa kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan lain-lainnya.

Setiap ada acara di TPQ ini seperti maulid Nabi, Sya'banan, buka bersama, Muharaman pasti disertai dengan santunan fakir miskin. “Karena melaksanakan pesan guru kita KH Abdul Djalil Mustaqim yang mengingatkan kalau setiap mengadakan acara jangan sampai lupa dengan fakir miskin," jelas panitia pelaksana yang sekaligus guru TPQ Anwarul Qur'an, M Aby Mahrus, Ahad (23/9).

Menurut Aby tujuan utama kegiatan tersebut untuk mengajari sifat dermawan dan suka berbagi kepada santri TPQ. Tujuan lain yaitu menggerakkan kegiatan di tengah masyarakat. Terutama kegiatan yang bernafaskan Islam. 

"Total kita punya tujuh TPQ di wilayah Kabupaten Jombang. Kesemuanya berada di bawah naungan kita dan secara bergantian mengadakan kegiatan serupa yaitu pengajian dan santunan fakir miskin,” ujar Aby. Kalau total semua santunan dari 7 TPQ maka hampir mencapai seribu bingkisan, lanjutnya.

Aby menjelaskan, untuk menjalan sistem pendidikan di TPQ yang dikelolanya, pihaknya bekerjasama dengan santri Pesantren Bumi Damai Al Muhibbbin Bahrul Ulum Tambakberas. Para santri tersebut setiap setelah Asar datang ke tempat TPQ. Kecuali hari Jumat, karena libur.

TPQ di kawasan ini unik, karena yang mengaji bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa yang berumur 30 hingga 40 tahun ke atas. “Jumlah TPQ lansia ini cukup banyak peminatnya. Mereka akan diajarkan oleh guru dari pesantren langsung. Mitra kerja sama dalam tenaga pendidik," pungkasnya. (Syarif Abdurrahman/Ibnu Nawawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×