Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Rawat Keilmuan Ulama Nusantara, Ansor Pamekasan Ngaji Kitab ‘Nashoihul Ibad’

Rawat Keilmuan Ulama Nusantara, Ansor Pamekasan Ngaji Kitab ‘Nashoihul Ibad’
Ketua MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan, Ra Maltuful Anam, (Foto: NU Online/Hairul Anam)
Ketua MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan, Ra Maltuful Anam, (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menggelar Ngaji Bareng di kantor PC GP Ansor di Jalan R Abad Aziz Nomor 95 Kabupaten Pamekasan, Ahad (2/2) malam

 

Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pamekasan, Ra Maltuful Anam sebagai pemateri. Adapun kitab yang diaji adalah Nashoihul Ibad. Diketahui, kitab tersebut merupakan karya ulama Indonesia asal Banten, Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani.

 

"Tujuannya demi merawat sanad keilmuan kita, belajar langsung pada kitab karya ulama Indonesia," ujar Ketua PC GP Ansor Pamekasan, Syafiuddin.

 

Diterangkan, untuk menambah syiar, pengajian tersebut menggandeng salah satu media tv swasta yang berbasis di Pamekasan, dan akan dilakukan live streaming saat pengajian berlangsung.

 

"Tentu supaya bisa terjangkau luas, sehingga masyarakat yang berhalangan hadir turut mengikuti pengajian lewat live streaming media tv tersebut," tambah Syafiuddin.

 

Wakil Ketua DPRD Pamekasan itu menegaskan, pengurus dan kader GP Ansor yang berhalangan hadir diharapkan tetap ngaji meski dari jarak jauh. Sehingga diharapkan mereka bisa paham pemikiran Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani sebagaimana tertuang dalam kitab tersebut.

 

"Kami berharap pengajian ini benar-benar bisa memberi manfaat keilmuan, dan kita mendapat berokah dari sang pengarang," tegasnya.

 

Sementara itu, Ra Maltuf menyatakan pengajian tersebut akan dikemas dinamis seminggu sekali. Yakni, tiap Ahad malam. Dinamis yang dimaksud adalah pematerinya tidak hanya satu orang tapi diusahakan berbeda tiap Ngaji Bareng.

 

“Agar tidak monoton dan bisa memberikan kekayaan wawasan," ungkapnya.

 

Oleh karena itu, pihaknya bakal menghadirkan kiai-kiai muda di Kabupaten Pamekasan sebagai pemateri atau pembahas kitab Nashoihul Ibad.

 

"Ada Ra Datssir, Ra Wazir, Ra Farid Mawardi, Ra Abdul Ghani, dan lainnya. Nanti mereka secara bergantian mengisi Ngaji Bareng di kantor Ansor," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×