Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Prodi Ekonomi Syariah IAI Al-Aziziyah Bireuen Raih Akreditasi B dari BAN-PT

Prodi Ekonomi Syariah IAI Al-Aziziyah Bireuen Raih Akreditasi B dari BAN-PT
Seorang anak kecil saat mengikuti orang tuanya berkunjung ke kampus IAI Al-Aziziyah Bireuen, Aceh. (Foto: NU Online/Helmi)
Seorang anak kecil saat mengikuti orang tuanya berkunjung ke kampus IAI Al-Aziziyah Bireuen, Aceh. (Foto: NU Online/Helmi)

Bireuen, NU Online
Setelah ‘jihad’ dengan beragam tantangan di tengah pandemi Covid-19, program studi (Prodi) Ekonomi Syariah (Ekos) Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh akhirnya secara resmi berhasil mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


Hal tersebut diungkapkan Tgk Saiful Bahri selaku koordinator akreditasi Borang Ekos, sosok yang akrab disapa Abana Sampoiniet menyebutkan awal Maret ini, IAI Al-Aziziyah Samalanga berhasil meraih Prodi Ekos raih akreditasi "B" dari BAN-PT.


"Setelah melewati perjuangan panjang, alhamdulillah, Prodi Ekos IAIA Samalanga berhasil meraih akreditasi B dengan nilai 345 berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1312/SK/BAN-PT/Akred/S/llI/2021," kata pria yang juga Dekan FDK IAIA Samalanga kepada NU Online, Rabu (10/3).


Selanjutnya, dosen senior dan guru DJA Kuta Glee Batee Iliek itu menambahkan, Prodi Ekos yang telah terakreditasi ini sebagaimana biasanya berlaku hingga lima tahun (2021-2026). Ia berharap, Prodi Ekos ke depan bisa meraih akreditasi dengan nilai terbaik.


"Mekanisme yang berlaku, nilai B masa berlakunya lima tahun. Selanjutnya pascaproses dan aturan yang berlaku bisa melakukan perubahan dari B ke nilai ‘Baik Sekali’, dan ini berlaku 25 tahun. Apabila ingin memperoleh nilai berlevel ‘Unggul’ bisa mengajukan instrumen akreditasi ke BAN PT," paparnya.


Sementara itu, Ketua Prodi Ekos IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Fakhrurradhi, mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama koordinator akreditasi Borang Ekos IAIA Samalanga yang telah berusah payah berjuang untuk meraih akreditasi B Prodi Ekos IAIA Samalanga tahun ini.


"Alhamdulillah, berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak jihad di era pandemi Covid-19 dengan penuh tantangan dan berliku, Prodi Ekos IAIA Samalanga mampu mempertahankan akreditasi B yang sebelumnya pernah diraih," ungkap kandidat doktor UINSU itu.


Humas IAIA Samalanga Tgk Riandi Syafri menambahkan, pihaknya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih prodi Ekonomi Syari'ah. Sebelumnya, beberapa prodi IAIA Samalanga juga meraih akreditasi dengan nilai yang sangat membanggakan dengan enam Prodi berakreditasi B dari tujuh Prodi. Sisanya, satu Prodi terakreditasi ‘Baik’ sedang menunggu proses reakreditasi.


Sosok yang akrab disapa URS dan guru senior DJA Kuta Glee Batee Iliek itu menyampaikan akreditasi merupakan sebuah pengakuan bagi program studi dari BAN-PT. Bagi kampus, akreditasi merupakan sebuah pencapaian terhadap peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.


“Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi. Akreditasi B yang diperoleh Prodi Ekos dapat menjadi tolok ukur bagi stakeholders atau pengguna produk program perguruan tiggi untuk memastikan lulusan tersebut layak,” .


“Selain itu akreditasi juga untuk membantu perguruan tinggi untuk melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban publik," ungkapnya yang juga Pimpinan Dayah Serambi Mekkah Al-Aziziyah Jambi itu.


Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Musthofa Asrori
 


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya