Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Maulid Nabi, Pesantren Ar-Rahmah Jombang Tanam Pohon

Peringati Maulid Nabi, Pesantren Ar-Rahmah Jombang Tanam Pohon

Jombang, NU Online
Pondok pesantren Ar-Rahmah Nglawan Senden, Peterongan, Jombang, mendapatkan bantuan ratusan bibit dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemkab Jombang. Bantuan bibit seperti pohon jati, sengon, trembesi, nangka, dan sirsak, akhirnya ditanam pada peringatan maulid Rasulullah SAW.
<>
"Bersamaan dengan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, acara penanaman ratusan bibit pohon kami mulai Ahad lalu," kata Kepala Sekolah SMK Ar-Rahmah Affandi kepada NU Online, Senin (12/1). Kegiatan penanaman pohon dilakukan bersama ratusan siswa dan siswi sekolah SMK Ar-Rahmah dan sejumlah santri.

"Masing-masing bibit kami tanam di area sekitar pesantren dan sekolah," kata Affandi.

Mereka terpanggil untuk menanam pohon karena kondisi iklim yang semakin tidak menentu. "Bagaimana mungkin saat musim penghujan ternyata hujan tidak lagi turun," kata alumnus Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang ini.

Demikian juga kala musim kemarau, ternyata tidak jarang turun juga hujan dengan intensitas tinggi, lanjutnya.

Belum lagi musibah tanah longsor dan kekeringan yang menimpa sebagian daerah. "Dalam pandangan kami, hal tersebut bukan murni sebagai musibah namun memang ada faktor kelalaian manusia dalam menjaga ekosistem," kata Affandi.

Oleh karena hal yang perlu untuk dilakukan adalah menyelamatkan lingkungan dengan menanam sebanyak mungkin pohon yang bisa menjaga ekosistem yang ada. 

"Paling tidak kita bisa mengingatkan mereka bahwa tugas menjaga kelestarian alam harus menjadi tanggungjawab bersama," katanya. Dan mengenalkan budaya menanam pohon adalah langkah positif bagi persepsi mereka terhadap alam di masa mendatang.

Sebelum penanaman pohon, para siswa siswi serta santri mengawali dengan pembacaan sholawat. Para pimpinan pesantren, sekolah dan guru berbaur dengan para santri dan murid melantunkan sholawat Nabi. Usai kegiatan shalawat dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon yang telah disiapkan. (Syaifullah/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×