Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Maulid Nabi, GP Ansor Dringu Lombakan Shalawat

Peringati Maulid Nabi, GP Ansor Dringu Lombakan Shalawat

Probolinggo, NU Online
Dalam rangka untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar lomba shalawat massal, Rabu (22/1).
<>
Selain untuk membudayakan kembali pembacaan shalawat di kalangan Nahdliyin, kegiatan yang diikuti seluruh Pimpinan Ranting GP Ansor se Kecamatan Dringu ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan kegemaran para pemuda dalam membaca shalawat dalam kehidupan sehari-hari.

Menariknya, dalam lomba tersebut tidak hanya sekedar shalawat massal saja, akan tetapi juga diperlombakan hafalan surat-surat pendek yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah tingkat TK/RA dan SD/MI se Kecamatan Dringu.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Dringu Mahfud Hidayatullah mengungkapkan, bahwa lomba shalawat ini digelar agar kegiatan shalawatan yang biasa dilakukan oleh majelis-majelis taklim di Kecamatan Dringu dapat dilestartikan.

“Lomba shalawat massal ini sekaligus sebagai wadah umat Islam untuk bersilaturrahim dan memiliki komitmen untuk meningkatkan peran organisasi dalam membina umat Islam melalui kegiatan-kegiatannya,” ungkapnya.

Menurut Mahfud, melalui lomba shalawat ini pihaknya mengharapkan nantinya dapat menghasilkan kader-kader NU yang gemar membaca shalawat dan penghafal ayat-ayat Al Quran dalam rangka menumbuhsuburkan ajaran Islam dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

“Paling tidak nantinya akan memotivasi kader-kader NU yang ada di Kecamatan Dringu untuk terus melestarikan budaya membaca shalawat di lingkungannya masing-masing melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti kelompok sarwah, istighotsah, lailatul ijtima maupun kegiatan keagamaan lainnya,” harapnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×