Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Peringati Maulid, Ansor Banjar Lantunkan Shalawat Barzanji bersama Warga

Peringati Maulid, Ansor Banjar Lantunkan Shalawat Barzanji bersama Warga
Suasana pembacaan Barzanji oleh Ansor Banjar. (Foto: NU Online/Wahyu)
Suasana pembacaan Barzanji oleh Ansor Banjar. (Foto: NU Online/Wahyu)

Kota Banjar, NU Online
Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw menjadi momen penting yang senantiasa dilaksanakan oleh umat Islam. Tak terkecuali Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Banjar, Jawa Barat, yang merayakan hari kelahiran Rasulullah dengan membaca al-Barzanji bersama warga.


Kegiatan tersebut berlangsung di Mushala Al-Barokah Dusun Cipantaran, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, dan diikuti oleh puluhan jamaah sekitar mushola dan Banser setempat.


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Banjar, Yusup Hamdani Bachtiar, menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai rasa cinta kepada Rasulullah, sehingga pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama memperingati Maulid Nabi. 


“Kegiatan kita sudah berlangsung lama, setiap bulan kita ngaji ke masjid dan mushala yang ada di wilayah Kecamatan Banjar. Namun, di momen Maulid Nabi kita mengajak masyarakat untuk membaca Barzanji bersama,” terangnya kepada NU Online usai acara, Jumat (15/10/2021) malam di Mushala Al Barokah.


Ia menambahkan, selain perayaan kelahiran Nabi, juga sebagai ajang sosialisasi kepada warga, bahwa Banser tidak hanya bertugas dalam kegiatan internal saja. Namun, dalam kehidupan masyarakat senantiasa siap membantu, terutama di bidang sosial keagamaan.


“Banser selalu terbuka membantu masyarakat umum, apalagi di bidang sosial keagamaan. Selama itu bisa kita bantu, kita laksanakan,” tambah Yusup, sapaan akrabnya.


Hadir Ketua PAC Rijalul Ansor Banjar sekaligus pemimpin acara Barzanji, Aam Abdul Salam, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin oleh masyarakat. Terutama secara berjamaah, baik di rumah ataupun mushala dan masjid.


“Saya sangat senang dapat melantunkan Barzanji bersama warga sini. Semoga ini berlangsung secara rutin, tidak hanya dalam momen Maulid Nabi saja,” harapnya. 


Sementara itu, Ujang Yahya selaku Kepala Dusun Cipantaran Desa Cibeureum sangat senang dengan kehadiran Ansor Banser di lingkungannya. Karena masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan Banser.


Ujang yang juga anggota Ansor Kota Banjar berharap kegiatan serupa intensitasnya lebih sering lagi, terutama di wilayah yang ia pimpin. Selain lebih akrab dengan Banser, jumlah masyarakat yang terlibat dalam kegiatan keagamaan lebih banyak lagi. 


“Kami sangat terbuka dan siap memfasilitasi kegiatan bareng Ansor dan Banser dalam kegiatan keagamaan, baik di mushala ataupun masjid yang ada di sini, supaya masyarakat lebih dekat dengan Banser,” pungkasnya.


Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×