Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Peringati Harlah Ke-95, NU Tegal Gelar Pengajian Akbar

Peringati Harlah Ke-95, NU Tegal Gelar Pengajian Akbar
foto (istimewa)
foto (istimewa)
Tegal, NU online
Memperingati Hari Lahir (Harlah) Ke-95 Nahdlatul Ulama (NU), ribuan warga nahdliyin Kota Tegal dan sekitarnya memadati Alun-alun Kota Tegal ikuti pengajian akbar, Jumat (27/4) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi NU tersebut diisi oleh Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud dan Wakil Ketua GP Ansor Jateng KH. Zimam Hanifun Nusuk (Gus Nif) dari Pekalongan.

Pjs Walikota Tegal Achmad Rofai dalam sambutannya mengatakan NU selalu konsisten menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu menurutnya, sebagai organisasi keagamaan terbesar, NU diharapkan menjadi ikon dari Islam yang sejuk yang dapat mengayomi nilai-nilai luhur yang telah dibawa dan diajarkan oleh para kyai NU terdahulu dalam memaknai Islam.

"Karena harus diakui ajaran NU itulah yang menjadi faktor utama kerukunan bangsa Indonesia selama ini," ucapnya.

Ketua PCNU Kota Tegal Abdal Hakim Thohari dalam sambutanya mengajak warga NU untuk mengembangkan amaliyah yang telah diajarkan ulama NU di era global seperti saat ini.

"Jadikan ajaran NU sebagai perekat bangsa, mari kita kembangkan dan suburkan ajaran NU di tengah masyarakat," ajaknya.

Sementara itu, dalam ceramahnya Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud mengungkapkan sejarah berdirinya NU hingga peran NU dalam ikut wujudkan kemerdekaan Negara Indonesia. 

Menurutnya, NU memiliki peran besar dalam mewujudkan kemerdekaan serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sama halnya dengan Marsudi Syuhud, KH Zimam Hanifun Nusuk atau yang akrab disapa Gus Nif juga memberikan ceramah tentang sejarah serta perjuangan yang dilakukan para walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Tidak hanya itu, Gus Nif juga mengajak kepada seluruh warga NU (Nahdiyyin) untuk tetap bangga dan berpegang teguh serta mengamalkan ajaran NU terutama dalam perannya menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Selain dihadiri oleh para pengurus PCNU Kota Tegal, acara tersebut juga di hadiri oleh MUI Kota Tegal, Forkopimda Kota Tegal dan seluruh orgasnisasi NU lainnya seperti IPNU-IPPNU, Fatayat, Muslimat NU, GP Ansor dan Banser NU Kota Tegal. (Red: Muiz)


Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya