Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Perbedaan Fiqih Jangan Jadi Masalah

Perbedaan Fiqih Jangan Jadi Masalah

Bandung Barat, NU Online
KH Raden Syarif Rahmat menegasakan, perbedaan fiqh jangan sampai menjadi masalah. Ia menyampaikah hal itu pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Mesjid Al-Irsyad Kotabaru, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (1/2) pagi.
<>
Ia mengatakan, semua amaliyah fiqh yang  tampak di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia pada akhirnya bersumber dari junjunan Nabi Muhammad Saw.

Ia mencontohkan, dalam A-Qur’an ada beberapa ayat yang harokat atau bahkan artinya berbeda. Perbedaan lain, misalnya bersentuh kulit pria dan wanita tidak batal wudlu menurut pendapat Imam Malik, tapi mayoritas masyarakat Indonesia batal karena mengikuti pendapat Imam Syafi’i.

“Adzan dua kali dalam setiap pelaksanaan Jum’at juga jangan dipermasalahkan dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya,” katanya

Kiai Syarif menegaskan, jangan sampai mengecap perbedaan itu bid’ah. Jika berbicara bid’ah, maka semua yang kita lakukan dan hadapi zaman sekarang hampir bid’ah. “Musik bid’ah, tapi kenapa tidak diprotes? HP, televisi, berpakaian, bahkan mushaf Al-Qur’an sendiri adalah bid’ah karena tidak ada pada zaman Nabi Saw,” tegasnya.

Menurut dia, semua perbedaan adalah rahmat, tidak boleh saling mengejek dan menghina. Jangan merasa paling benar diantara perbedaan.

“Yang penting bagi kita pada saat ini agar bisa lebih mendalami bahwa Nabi Muhammad adalah makhluk yang paling mulia, pemberi syafaat,” katanya. (Saprudin/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×