Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Perayaan Besar Maulid Nabi Muhammad

Perayaan Besar Maulid Nabi Muhammad

Tegal, NU Online
Agenda tahunan pekan basar Maulid Nabi besar Muhammad SAW yang digelar masyarakast desa Kebasen, kecamatan Talang kini sudah menginjak yang kelima kalinya. Ajang yang dipusatkan di pelataran masjid Baitul Solihin tersebut bakal digelar sepekan hingga 18 Februari 2012 mendatang. Seperti apa giat tahunan itu digelar?

Setidaknya dari ajang ini bisa dimaksimalkan warga sekitar untuk memamerkan produk unggulan yang selama ini dikerjakan untuk menopang biaya dapur. Perhelatan yang sempat dibuka dan dihadiri kalangan Muspika itu juga diharapkan bisa sebagai ajang promosi potensi yang ada di Kebasen pada khususnya dan Talang pada umumnya.
<>
Sedikitnya ada 78 stand yang didirikan di depan masjid kebanggaan warga desa Kebasen. Mereka berupaya menunjukkan semua potensi yang selama ini terus dikerjakan dan dikembangkan sebagai mata pencaharian di lorong dan lontrong sepanjang kecamatan Talang.

Camat Talang Imam Maskur tak menampik gelaran bazar Maulid yang digelar selama sepekan ini sangat tepat untuk media memamerkan semua produk unggulan yang ada di lingkungan kecamatan Talang. 

"Ajang ini memang sangat tepat sebagai media promosi sekaligus memamerkan produk unggulan yang ada di masing-masing desa di kecamatan Talang. Mulai dari perajin bordir, pakaian jadi dewasa dan anak, industri logam, hingga batik," terangnya, Senin (13/2).

Terpisah Kades Kajen, Nasihun mengakui ajang yang sudah berjalan selama 5 tahun ini akan diupayakan menjadi agenda tetap tahunan mengisi rangkaian pekan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Diakuinya, selain digunakan untuk ajang promosi produk unggulan kecamatan Talang, dari gelaran ini diharapkan bisa memacu peningkatan kualitas produk pengrajin dan mendongkrak tingkat pemasaran produk. 

"Ajang ini juga turut memberikan dampak langsung pada masyarakat sekitar bila kelak tingkat pemasaran produk yang dipamerkan mampu mengaet jumlah peminat dalam jumlah besar," tuturnya.

Dia juga berharap dari ajang ini bisa dimaksimalkan para pelaku usaha untuk melihat pangsa pasar yang nantinya bisa membuka peluang terserapkan tenaga kerja yang nota bene berasal dari warga sekitar. Puncak dari rangkaian pekan Maulid sendiri akan ditutup dengan gelaran pengajian akbar di masjid setempat. Dijadwalkan Habib Lutfi Yahya dari Pekalongan dan KH Said Agil Siroq Ketua Umum PBNU akan hadir secara langsung dalam pengajian akbar yang akan dilangsungkan 26 Februari 2012 mendatang.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muiz 




Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×