Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Pendekar Pagar Nusa Harus Siap Menjaga NKRI

Pendekar Pagar Nusa Harus Siap Menjaga NKRI
Pendekar Pagar Nusa Siap Menjaga NKRI
Pendekar Pagar Nusa Siap Menjaga NKRI
Tegal, NU Online
Pendekar Pagar Nusa harus siap menjaga NKRI dan wajib setia terhadap Pancasila. Terlebih, Pagar Nusa merupakan Badan Otonom dari Nahdlatul Ulama yang sampai saat ini tetap setia sebagai benteng NKRI.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Pimpinan Cabang Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Tegal Nanang Syaeful Amri saat Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Kegiatan berlangsung di SMP Takhassus Al-Qur'an Bulakwaru Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, Kamis (10/5). 

Menurutnya, sikap demikian sangat perlu dimiliki para pendekar hijau (sebutan kader Pagar Nusa) mengingat ujaran adu domba kian merajalela. Maka lanjut Nanang, pengkaderan berkelanjutan seperti UKT sangat efektif untuk menempa mental.

“Ujian Kenaikan Tingkat dalam rangka mencetak pendekar yang berintegritas tinggi dan loyal terhadap organisasi maupun induk organisasi yakni NU. Selain uji materi oleh pelatih, UKT juga bertujuan untuk membentuk dan memantapkan sikap ksatria serta Akhlaqul karimah,” tandasnya.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang PSNU Pagar Nusa Kabupaten Tegal Jamaludin menambahkan, Ujian Kenaikan Tingkat tidak hanya mengandalkan fisik saja, akan tetapi peserta juga di suguhi materi untuk menopang pengetahuan baik secara umum ataupun ke-Aswaja-an dan ke-NU-an. 

“Semua peserta wajib mengikuti dengan baik dan tertib. Adapun tingkat pengujian sesuai dengan tingkatan masing masing,” imbuhnya.

Kegiatan diikuti sebanyak 193 pesilat putra dan putri yang berasal dari kalangan pelajar SMP, SMA dan umum se Kabupaten Tegal. 

Berkesempatan membuka secara resmi Ujian Kenaikan Tingkat yakni Ketua MWC NU Kecamatan Tarub M Syamsul Azhar. Hadir dalam kesempatan itu sejumlah tokoh NU dan Banom serta para senior pendekar Kabupaten Tegal. (Nurkhasan/Muiz)


Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya