Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pemuda NU Ajak Warga Todanan Bershalawat Bareng Para Habaib

Pemuda NU Ajak Warga Todanan Bershalawat Bareng Para Habaib

Blora, NU Online
Kendati bulan Rabiul Awal telah berlalu, para pemuda NU tak menyurutkan niatannya untuk menggelar perayaan Maulid nabi SAW. Mereka mengajak warga Todanan untuk menggemakan shalawat di lapangan Desa Todanan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Sabtu (1/2) malam.
<>
Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dibacakan doa tawasul kepada ulama dan habaib oleh Habib Ahmad bin Husein Al Hamid dari Tayu, Pati, Jawa Tengah. 

Acara semakin semarak dengan tabuhan rebana. Berbeda dari yang lain, iringan rebana kali ini tak hanya ditabuh oleh Jam'iyyah shalawat hadrah se-kecamatan todanan saja, namun anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam grop hadrah al-mantab alugoro 410 Blora turut mempertunjukkan kebisaannya dalam memainkan musik rebana.

“Kegiatan seperti ini dapat membentuk rasa ukhuwah islamiyyah, semua warga bisa berkumpul bersatu padu terutama mensyiarkan islam lewat media bershalawat”ujar Munawwir, Salah satu pemuda NU yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Ia menerangkan kepada NU Online, bahwa Badan otonom NU mulai dari tingkat kecamatan hingga ranting desa turut berpartisipasi utuk memeriahkan acara maulid tersebut.

Di ujung acara, para habaib dan ulama yang hadir, satu persatu memberikan tausiyahnya kepada pengunjung. Salah satunya diantaranya adalah Habib Helmi bin Husein Alydrus. Dalam tausiyahnya ia menceritakan tentang kelembutan akhlak Nabi Muhammad dibanding dengan nabi-nabi terdahulu. 

Menurutnya, nabi-nabi terdahulu ketika mengetahui kaumnya bermaksiat maka dalam doanya ia meminta agar kaumnya yang berbuat dosa tadi supaya diazab atau dimusnahkan. Sedangkan nabi Muhammad, lebih memilih untuk mendoakannya supaya menjadi orang yang bertaubat sehingga diampuni oleh Allah. (Asnawi Lathif/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×