Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pelajar NU Kraksaan Ziarah Makam Ulama NU

Pelajar NU Kraksaan Ziarah Makam Ulama NU
Probolinggo, NU Online
Untuk menanamkan rasa kecintaan kepada perjuangan ulama NU, puluhan pelajar NU yang tergabung dalam Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Kraksaan mengadakan ziarah ulama (muassis) NU dan penegah agama Islam, Kamis dan Jum’at (14-15/12).

Ziarah ulama NU dan penegak agama Islam ini diikuti 45 orang dari seluruh pengurus cabang IPNU baik dari pengurus harian maupun seksi dari setiap lembaga yang ada di Kota Kraksaan.

“Selain untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi NU sekaligus menjaga kebiasaan para muassis NU yaitu ziarah. Di samping juga menjaga silaturrahmi antarpengurus,” kata Ketua PC IPNU Kota Kraksaan Khairul Imam.

Menurut Imam, ziarah ke makam wali ini dilakukan melalui fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. “Banyak motivasi dan manfaat dalam melaksanakan ziarah kali ini. Selain memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW juga lebih leluasa karena dilakukan di malam hari,” jelasnya.

Ziarah makam muassis NU ini mengambil rute start dari Kantor PCNU Kota Kraksaan. Selanjutnya rombongan pelajar NU Kota Kraksaan ini menuju KH Hamid Pasuruan. Kemudian langsung menuju ke beberapa wali dan diakhiri di Surabaya ke makam Sunan Ampel.

“Kegiatan disini selain kita membaca Surat Yasin dan dilanjutkan tahlil bersama. Karena ciri khas dari NU yaitu ziaroh dan tahlil. Harapannya ke depan semoga kebiasaan ini akan selalu dilakukan oleh NU, khususnya pelajar NU untuk membentengi dari ormas lain,” harapnya. (Syamsul Akbar/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×