Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

NU Makassar Siap Sebar Ratusan Khatib Idul Adha ke Rumah Warga

NU Makassar Siap Sebar Ratusan Khatib Idul Adha ke Rumah Warga
Ketua LDNU Kota Makassar, H Ashar Tamanggong (Foto: Ridwan)
Ketua LDNU Kota Makassar, H Ashar Tamanggong (Foto: Ridwan)

Makassar, NU Online
Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Makassar mendukung aturan pemerintah yang tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota setempat Nomor: 400/399/Kesra/VII/2021. Edaran tersebut mengatur pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 H/2021 M di rumah sebagai upaya mencegah penularan virus covid-19.

 

Pernyataan PCNU Kota Makassar ini diumumkan secara resmi ini melalui surat imbauan nomor : 395/PC/A.I/A1/VII/21 yang ditujukan kepada Pengurus Cabang, Lembaga, Badan Otonom, Majelis Wakil Cabang dan Ranting serta warga NU agar mengikuti surat edaran Wali Kota Makassar.

 

Ketua Lembaga Dakwah Nahdhatul Ulama (LDNU) Kota Makassar, Muh Ashar Tamanggong mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ratusan mubaligh yang siap disebar ke rumah-rumah warga untuk membawakan khutbah dan memimpin pelaksanaan shalat Idul Adha.

 

"Karena biasanya kalau mau shalat id di rumah, kendalanya siapa yang baca khotbah, suaminya tidak tahu, anak laki-lakinya pun begitu," ujarnya kepada NU Online, Ahad, (18/7).

 

Jadi, kata dia, warga Makassar tidak perlu khawatir, tinggal menghubungi LDNU di Kantor PCNU Kota Makassar, karena LDNU telah menyiapkan ratusan mubalig untuk melayani permintaan khatib Idul Adha di rumah.

 

Dijelaskannya, bagi warga Makassar yang berminat namun tidak bisa datang ke kantor PCNU, dapat menghubungi Ketua dan Sekretaris LDNU melalui sambungan telepon, yaitu H Muh Ashar Tamanggong (0811443708) Ust Asrijal Syahruddin (082346699917).

 

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengajukan permintaan khatib ini, syarat utamanya adalah orang yang akan hadir dalam shalat Idul Adha hanya anggota keluarga yang ada di rumah tersebut dan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Kami pastikan bahwa khatib-khatib yang kami siapkan itu telah divaksin, karena kami dari PCNU Makassar telah melaksanakan tiga tahapan vaksin. Baru-baru ini kami bekerja sama dengan salah satu puskesmas yang ada di Makassar," tuturnya.

 

Ia pun menyampaikan beberapa poin surat edaran pcnu kota makassar, diantaranya adalah mengajak warga Nahdlatul Ulama dan umat islam pada umumnya untuk senantiasa memperbanyak ibadah dan bermunajat memohon pertolongan kepada allah swt agar pandemi covid-19 dapat segera berakhir.

 

Selain itu, PCNU Kota Makassar juga menyerukan kepada seluruh jajaran pengurus, perangkat organisasi dan kader Nahdlatul Ulama Kota Makassar agar menjadi pelopor dalam penanganan dan penanggulangan dampak wabah pandemi Covid-19 di lingkungan masing-masing.

 

Kontributor: Ridwan
Editor: Aiz Luthfi


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya