Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

NU Jateng Galang Dana untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

NU Jateng Galang Dana untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah menggalang dana masyarakat untuk membantu korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

 

Wakil Ketua PWNU Jateng KH Mandzur Labib  mengatakan selain bantuan dana PWNU Jateng juga menyiapkan bantuan non dana seperti obat-obatan, alat kesehatan, dan sebagainya yang teknis penanganannya akan disiapkan lembaga atau perangkat PWNU yang terkait dengan penanganan masalah kebencanaan.

 

"Kami sudah mengkoordinasikan dengan beberapa lembaga di bawah NU untuk mengambil langkah-langkah cepat dan taktis agar dapat segera mengulurkan bantuan ke Kalsel dan Sulbar," kata Kia Mandzur kepada NU Online di Semarang, Ahad ( 17/1).

 

Disampaikan, perangkat NU yang disiapkan untuk menjalankan agenda ini meliputi Lembaga Penunggalangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Lembaga Kesehatan NU (LKNU), Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) dan LAZISNU.

 

"Keempat lembaga itu sudah berkoordinsi dengan PWNU Jateng  pasa Sabtu (16/1). Keputusanya, seraya menggalang dana akan dibentuk tim yang akan melakukan assesmen untuk mengetahui hal-hal yang dibutuhkan korban bencana," ucapnya.

 

Dia menambahkan, agar bantuan masyarakat  melalalui PWNU Jateng penyalurannya tepat sasaran, maka semua bantuan yang dihimpun itu akan disalurkan melalui PBNU yang akan menggerakan potensi warga NU membantu korban gempa.

 

"Jadi, pengalokasian bantuan diatur oleh tim yang dibentuk PBNU. Pengaturan ini lebih bagus karena lebih terarah dan efisien. Kebijakan ini akan disosialisdikan ke cabang-cabang NU di seluruh Jateng agar dalam menangani bantuan bencana mengikuti acuan dari PBNU," terangnya.

 

Ketua PW Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jateng Muhammad Mahsun mengatakan, untuk penggalangan dana itu, PWNU Jateng  menugaskan kepada LAZISNU untuk mengaturnya.

 

Dijelaskan, masyarakat yang akan berpartisipasi menyumbang dana untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar dapat menyalurkannya melui rekening Bank Muamalat dengan nomor rekening 5010112851 atas nama LAZISNU Jawa Tengah.

 

"Untuk konfirmasi donasi dapat dilakukan melalui Call Center 082222200256," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×