Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

MWCNU Krucil Gelar Lomba Seni Baca Al Quran

MWCNU Krucil Gelar Lomba Seni Baca Al Quran

Probolinggo, NU Online
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar lomba seni baca Al-Qur’an bagi anak usia 5 tahun, Rabu (15/1). Lomba ini secara resmi dibuka oleh Rais Syuriyah MWCNU Kecamatan Krucil Moh. Bahrawi.
<>
”Lomba seni baca Al-Qur’an ini diikuti oleh 106 santri dari unsur santri TPQ, Madrasah Diniyah dan Pesantren yang berada di Kecamatan Krucil. Mereka dinilai oleh juri yang berasal dari Jam’iyatul Qurro’ Wal Huffadz (Jamqur) dan MWCNU Kecamatan Krucil,” ungkapnya.

Menurut Bahrawi, selain untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, lomba seni baca Al-Qur’an bagi anak usia 5 tahun ini digelar dengan tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa, khususnya dalam bidang agama membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan ilmu tajwid yang tepat.

“Para peserta ini dinilai berdasarkan fashohah, tajwid, lagu dan sikap. Sebab kalau hanya sekadar membaca saja semua rata-rata sudah bisa. Namun kalau dengan tajwid, butuh pemahaman yang khusus agar bisa membedakan tiap-tiap bacaan dalam Al-Qur’an,” jelasnya.

Melalui lomba seni baca Alqur’an ini Bahrawi berharap agar masyarakat tidak hanya bisa sekadar membaca Al-Qur’an saja, tetapi bisa memahami ilmu tajwidnya sehingga pembacaannya bisa lebih sempurna.

“Saya berharap dengan lomba ini anak-anak kita nantinya bisa lancar membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid yang benar. Sebab ilmu tajwid ini merupakan dasar dalam belajar membaca Al-Qur’an,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×