Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Muslimat NU Berperan Penting terhadap Setiap Problem Perempuan dan Anak

Muslimat NU Berperan Penting terhadap Setiap Problem Perempuan dan Anak
Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Purwakarta, Jawa Barat Evi Luthfiyah. (Foto: dok. pribadi)
Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Purwakarta, Jawa Barat Evi Luthfiyah. (Foto: dok. pribadi)

Purwakarta, NU Online

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Purwakarta, Jawa Barat Evi Luthfiyah menjelaskan, tantangan Muslimat NU tidak semakin mudah. Karena Muslimat NU berperan penting terhadap setiap problem perempuan, anak, rumah tangga, dan persoalan sosial lainnya, termasuk penguatan Aswaja An-Nadhliyah.


Dirinya juga menyinggung keresahan yang disebabkan oleh Bank Émok (rentenir emak-emak di Jawa Barat). Oleh karena itu, ia pun menyikapi secara serius penyelesaian persoalan bank émok. 


"Karena yang menjadi objek bank émok itu adalah ibu-ibu, sehingga Muslimat NU di sana hadir memberikan solusi demi solusi untuk menyelesaikan. Alhamdulillah di Kabupaten Purwakarta, Muslimat NU melalui Himpunan Daiyah Muslimat (Hidmat) NU, mampu meminimalisasi peredaran bank émok melalui ceramah, melalui pendekatan di majelis taklim, serta informasi yang diberikan oleh daiyah Muslimat NU terkait dengan persoalan kesosialan," ujar Evi, Jumat (26/3).


Evi mengatakan, persoalan sosial keumatan yang telah sukses dilaksanakan oleh Muslimat NU Purwakarta di antaranya menginventarisasi anak-anak yang belum disunat dengan dibuatkan database kemudian diadakan khitanan massal, juga program membangun ratusan rumah layak huni untuk para kaum dhuafa melalui pengajuan kepada OPD daerah maupun kabupaten. 


"Dari Muslimat sudah hampir 400 rumah yang kami bangun, untuk rumah-rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni, yang kemudian menjadi sebuah aspirasi masyarakat kepada Muslimat NU untuk melakukan ekspresi kegiatannya melalui program-program yang menjadi aspirasi masyarakat," tandasnya.


Kontributor: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya