Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Muludan, Wujud Kita Butuh Syafaat Nabi

Muludan, Wujud Kita Butuh Syafaat Nabi

Subang, NU Online
Peringatan Maulid Nabi Muhammad merupakan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi umat Islam baik di dunia maupun di akhirat, sebab seluruh manusia membutuhkan Nabi Muhammad<> shallallahu ‘alaihi wasallam.

Demikian salah satu tausiyah yang disampaikan KH Nawawi, Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang, dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad di halaman Pesantren Al-Mukhtariyyah, Caracas, Kalijati, Subang, Jawa Barat. Ahad (3/1)

"Kita semua di dunia butuh ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, agar bisa selamat di dunia dan akhirat," ungkap mantan Rais Syuriyah PCNU Subang itu.

Di akhirat, kata dia, kita akan membutuhkan Nabi Muhammad karena tidak ada nabi yang mempunyai syafaatul 'udzma (pertolongan agung) kecuali Nabi Muhammad.

"Muludan ini dalam rangka mengharapkan syafa'atul 'udzma dari Kanjeng Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam karena kelak di akhirat hanya beliau satu-satunya nabi yang mempunyai syafaat," ujarnya

Ditambahkan, kemuliaan Nabi Muhammad sudah terlihat bahkan ketika ia masih dalam kandungan, maka pantas jika kelahiran Nabi Muhammad diperingati oleh umatnya karena beliau adalah kandidat nabi yang mulia.

Ia pun mengatakan, tidak ada nama yang paling pantas bersanding dengan nama Allah kecuali nama Muhammad. Hal ini dapat kita saksikan dalam kalimat syahadat.

"Lâ ilâha illa-Llâh muhammadur rasulullah. Dalam kalimat tersebut nama Muhammad bersanding dengan lafadh Allah, tidak ada nama lain yang pantas bersanding dengan Allah selain Muhammad," ujarnya. (Aiz Luthfi/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×