Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid Nabi Digelar di Samping Kuburan Cina

Maulid Nabi Digelar di Samping Kuburan Cina

Solo, NU Online
Ada yang unik pada peringatan maulid yang diselenggarakan Iksas, Kamis (7/2) tadi malam atau malam Jum’at. Biasanya acara maulid bertempat di masjid, namun pada acara semalam diadakan tepat di sebelah kuburan Cina.<>

Namun hal itu tidak membuat takut warga untuk menghadirinya, justru ratusan jamaah memenuhi jalan depan makam Cina tersebut.

Penyelenggara kegiatan, Iksas yang merupakan singkatan dari Ikatan Santri Alumni Sumurnangka-Bangkalan Madura, selalu mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad saw tiap tahunnya, bergilir pada dua kota yakni Solo dan Cirebon.

Pada pengajian tersebut, penceramah KH Abdul Karim menjelaskan golongan orang beruntung di dunia dan akhirat, yakni, “Orang yang mengimani kenabian Nabi Muhammad, orang yang memuliakan beliau, orang yang membantu perjuangan Nabi dan orang yang mengikuti ajaran beliau,” terang Gus Karim.

Ia juga menerangkan, pada zaman sekarang, banyak orang yang memuji pada apa yang dibawa Nabi (hadits), akan tetapi tidak mau memuji pada sang pembawa hadist.

“Itu bisa diibaratkan seperti orang yang yang memakai ikat pinggang, tapi tidak pakai celana,” sindir pengasuh pesantren Al-Qur’aniy itu.

Selain mengadakan pengajian umum, dalam rangka memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW tersebut, Iksas juga mengadakan kegiatan donor darah dan pengobatan gratis yang dilakukan pada hari Rabu kemarin. Melalui kegiatan ini, Iksas juga ingin membuktikan bahwa mereka bukan organisasi yang eksklusif, melainkan juga bisa berbaur dan turut berdakwah ala Aswaja.



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Ajie Najmuddin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×