Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Marching Band Akpol Semarakkan 'Pajang Jimat' Pekalongan

Marching Band Akpol Semarakkan 'Pajang Jimat' Pekalongan
foto: ilustrasi
foto: ilustrasi
Pekalongan, NU Online
Marching Band Taruna Akpol Semarang dengan nama 'Cendrawasih' bagi Masyarakat Pekalongan dan sekitarnya sudah tidak asing lagi, di samping sudah beberapa kali tampil di Pekalongan. Penampilan 303 personil taruna Akademi Kepolisian (Akpol) menjadi hiburan tersendiri, apalagi ini akan tampil di Peringatan Maulidurrasul SAW yang di helat Habib Luthfi bin Yahya, pada Jumat (14/12) siang di acara 'Pawai Pajang Jimat Pekalongan'.

Ketua Satu Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kanzus Sholawat, H Jawad Sri Sumardi Senin (10/12) mengatakan kehadiran Marching Band dari Taruna Akpol diharapkan bisa menambah semarak peringatan Maulid di Kanzus Sholawat.

Dikatakan, selain Marching Band, Maulid juga akan diisi dengan penampilan Gambus Elbalasyik dari Jawa Timur pada Sabtu dan Ahad malam. "Saya berharap keikutsertaan Marching Band Taruna Akpol Semarang bisa menambah kesemarakan peringatan maulid tahun ini," ujarnya saat memimpin rapat pleno persiapan akhir panitia.

Tampilnya Drum Corp Cendrawasih milik Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang pada acara tahunan pawai Panjang Jimat Pekalongan menjadi magnet puluhan ribu pengunjung pawai panjang jimat yang digelar secara rutin tiap tahun menjelang kegiatan Peringatan Maulidurrasul SAW oleh Kanzus Sholawat Pekalongan, Jawa Tengah.

Pasalnya, pawai panjang jimat merupakan ajang berbagai kreasi anak bangsa dengan berbagai ragam penampilan yang selalu ditunggu masyarakat. 

"Dari tahun ke tahun panitia selalu menghadirkan drum band dan marching band ternama, di antaranya selain Drum Corp Cendrawasih Akpol Semarang, juga Drum Band 'Canka Lokananta' Akmil Magelang, marching band Banser Kabupaten Pati serta puluhan marching band lokal dari Pekalongan dan sekitarnya," ungkap H Jawad.

Drum Corps Cendrawasih yang sebelumnya bernama Drum Band Cendrawasih merupakan grup musik masal kebanggaan yang dimiliki Polri. Kelompok  yang dimainkan 303 Taruna tingkat III tersebut jadi promosi Akpol yang ingin menjadi perwira Polri. 

Pengertian Drum Corps Drum corps adalah satuan bentuk musik lapangan. Komposisi dalam jumlah kelompok drum sama dengan marching band pada bentuk satuan musik ini kelompok alat tiup hanya terdiri dari alat tiup logam, sehingga akan berpengaruh terhadap aransemen musiknya, sedangkan bentuk musiknya tidak jauh berbeda dengan marching band. (Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×