Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Mahasiswa Universitas Islam Jember Raih Juara I MTQ Nasional

Mahasiswa Universitas Islam Jember Raih Juara I MTQ Nasional
Samsul Bahri, salah satu mahasiswa UIJ yang berhasil menjadi juara satu dalam MTQ Nasional yang digelar oleh IAIN Pekalongan, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)
Samsul Bahri, salah satu mahasiswa UIJ yang berhasil menjadi juara satu dalam MTQ Nasional yang digelar oleh IAIN Pekalongan, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

Jember, NU Online  
Tradisi juara dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Jember (UIJ) masih terjaga. Hal ini terbukti dari keberhasilan Samsul Bahri, salah satu mahasiswa UIJ yang berhasil menjadi juara satu dalam MTQ Nasional yang digelar oleh IAIN Pekalongan, Jawa Tengah. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIJ itu berhasil mengungguli 30-an peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se- Nusantara.


Melalui penilaian juri, Samsul akhirnya terpilih sebagai juara pertama. Pengumuman pemenang lomba yang digelar secara virtual tersebut dilakukan pada Ahad (4/4). Ia berhak memperoleh uang pembinaan dan piagam penghargaan dari panitia.


Alhamdulillah, saya bisa menjadi juara, dan saya bangga karena UIJ adalah perguruan tinggi swasta milik NU Jember,” ujar Samsul di kampus 1 UIJ, Senin (5/3).


Pada MTQ yang dimulai sejak 15 Maret 2021 ini, setiap peserta wajib membuat karya dalam bentuk video. Karya yang berisi tilawah tersebut berdurasi 5 hingga 7 menit. Peserta wajib melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang telah ditentukan oleh panitia. Video tersebut lalu diunggah di Youtube kemudian tautan video tersebut dikirim ke panitia. Dari video tersebut, juri melakukan penilaian secara independen.


“Ada tiga pilihan surat yang harus dibaca peserta, saya pilih surat Al-Anfal,” ungkapnya.


Lajang asal Desa Rambipuji Jember itu mengaku bahagia bisa menjadi juara dan bisa membawa nama baik UIJ ke level nasional. “Makanya saya bersyukur kepada Allah. UIJ yang seperti ini bisa juara,” pungkasnya.


UIJ memang dikenal sebagai kampus dengan reputasi juara MTQ. Sebelumnya, nama Nur Kholifah sempat malang melintang di berbagai ajang MTQ regional dan nasional. Mahasiswi Fakultas Tarbiyah UIJ itu pernah meraih juara dua dalam ajang MTQ Nasional tingkat mahasiswa tahun  2007 di Palembang.


Di tingkat regional, bibit-bibit qari’ UIJ juga tak sepi dari prestasi. Tahun 2018, tiga mahasiswa UIJ meraih juara dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional (MTQMR). Satu di antaranya adalah bidang tilawah.


Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah UIJ, Jasuli mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswanya. Untuk menjaga tradisi juara MTQ agar tetap melekat di UIJ, sejak lama ia menyiapkan segala fasilitas dan sarana yang diperlukan untuk pembinaan calon-calon qari’.


“Karena bagaimanapun, ini (UIJ) adalah perguruan tinggi NU, tradisi prestasi MTQ anak-anak harus kita jaga betul,” jelasnya.


Pewarta: Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya