Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Mahasiswa Baru UNU NTB Gunakan Pakaian Adat Masuk Kampus

Mahasiswa Baru UNU NTB Gunakan Pakaian Adat Masuk Kampus
Mahasiswa Baru UNU NTB gunakan pakaian adat saat masuk kampus
Mahasiswa Baru UNU NTB gunakan pakaian adat saat masuk kampus
Mataram, NU Online
200 mahasiswa baru Universitas Nahdlatul ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Ta'aruf Akademik Mahasiswa Baru (Taawanu) selama dua hari (28-31/8) di Aula Utama UNU NTB Jln pendidikan Nomor 6 Kota Mataram. 

"Kegiatan pengenalan kampus ini diisi beberapa narasumber dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTB dan Akademika UNU sendiri," jelas Ketua Taawanu UNU Junaidi kepada NU Online, Sabtu, (31/08) sore di Mataram.
 
Dikatakan, mahasiswa baru pada hari kedua diminta menggunakan pakaian adat sesuai daerahnya masing-masing dengan tujuan untuk membangun kebinekaan, semua adat kampung tidak hanya suku Sasak tapi juga adat Samawa, Mbojo bahkan adat Nusa Tenggara Timur sesuai adat dari mana mahasiswa berasal.
 
"Selama tiga hari mahasiswa baru diperkenalkan tentang akademik dan pelayanannya apa saja di dalam akademik tersebut. Baik kegiatan kampus maupun organsiasi seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan IPNU-IPPNU," bebernya.
 
Di samping itu lanjutnya mahasiswa juga di minta kreativitas serta eksistensi setiap proses Taawanu berupa upload kegiatan kegiatan mereka di facebook atau di WA untuk bahan sosialisasi keberadaan mereka di Universitas NU NTB. 
 
Dosen Sendratasik UNU NTB ini juga menyampaikan bahwa para mahasiswa  diperkenalkan tentang  materi Islam Nusantara yang di isi oleh Wakil Ketua PWNU NTB, Jumarim. Dilanjutkan training motivasi. Kemudian Katib PWNU NTB TGH Adi Fadli menyampaikan tentang sejarah UNU NTB.
 
"Jadi mereka itu tidak hanya kita memperkenalkan kampus prodi dan UKM secara umum, bahkan kita memberikan materi-materi terkait dengan Islam Nusantara," jelasnya
 
Kegiatan Taawanu tahun 2019 ditutup dengan doa bersama akhir dan awal tahun hijriah yang dipusatkan di UNU NTB dan diikuti oleh seluruh civitas akademika dan mahasiswa baru UNU NTB.
 
Kontributor:  Hadi
Editor: Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×