Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Madrasah Amil Upaya Penguatan Tata Kelola Zakat NU di Purbalingga

Madrasah Amil Upaya Penguatan Tata Kelola Zakat NU di Purbalingga
Hari pertama Madrasah Amil NU Care-LAZISNU Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (24/10). (Foto: Ahmad Fauzi)
Hari pertama Madrasah Amil NU Care-LAZISNU Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (24/10). (Foto: Ahmad Fauzi)

Purbalingga, NU Online

​​NU Care-LAZISNU Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar Madrasah Amil dengan tema Gerakan NU Berzakat Menuju Kemandirian Umat. Agenda ini dilaksanakan dua hari, yakni Sabtu dan Ahad, 24-25 Oktober 2020. Berlangsung di Hotel Owabong Bojongsari Kabupaten Purbalingga acara dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan. Peserta berasal dari 18 kecamatan di Purbalingga.

 

Ketua Panitia Edi Rujito menyampaikan, dalam dakwah islamiah untuk mencapai keberhasilan dan optimalisasi perlu adanya penguatan kelembagaan NU Care-LAZISNU. Selain itu, manajemen yang baik juga perlu dikuasai. Madrasah Amil ini merupakan ikhtiar menuju keberhasilan dengan penguatan wawasan dan penguatan manajeman.

 

Selanjutnya, "Tujuan kegiatan adalah untuk kaderisasi NU Care-LAZISNU hingga tingkat kecamatan, optimalisasi kelembagaan NU Care-LAZISNU kecamatan, sekaligus untuk meningkatkan misi kemanusiaan NU Care-LAZISNU.

 

KH Ahmad Muhdir, Ketua PCNU Kabupaten Purbalingga menyampaikan apresiasi kepada NU Care-LAZISNU Kabupaten Purbalingga yang sudah dapat melaksanakan Madrsah Amil dan selama ini sudah melayani masyarakat.

 

"Tidak mungkin pengurus LAZISNU main-main dengan uang zakat atau pengelolaan keuangan karena ashnaf dalam zakat sudah jelas dalam Al-Qur'an. Bilamana berani maka silahkan tanggung akibatnya," tuturnya.

 

Pihaknya juga menyebut Koin NU yang digerakkan NU Care-LAZISNU Pubralingga. Keefektifan Koin NU bisa dimanfaatkan jika MWCNU memiliki program atau hajat besar mungkin untuk membangun gedung atau kantor MWCNU.

 

"Harapan kami setelah kegiatan Madrasah Amil seluruh peserta dapat membuat RTL atau Rencana Tindak Lanjut yang diawasi dan bimbing terus oleh NU Care-LAZISNU sehingga ada output setelah kegiatan Madrasah Amil ini," harapnya.

 

Ia mengingatkan agar pengurus NU Care-LAZISNU meniatkan kegiatan ini mencari ridha Allah dan berhidmat kepada jamiyah Nahdlatul Ulama. 

 

Perwakilan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Purwadi menyampaikan seluruh pengurus Lembaga Amil Zakat yang ada agar mengelola zakatnya dengan baik. Tujuannya agar ada kepercayaan dari Muslimin dan Muslimat yang sudah berzakat.

 

"Ikutilah Madrasah Amil ini dengan baik dan laksanakan apa yang menjadi saran dan arahan agar dapat meningkatkan pelayanan zakat kepada umat," pungkasnya.

 

Kontributor: Ahmad Prayitno
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya